Optimasi Perahu Wisata Dari Pelabuhan Sumenep Ke Pulau Gili Labak Dengan Metode CFD (Computating Fluid Dynamic)

Ridha, Ahmad Samhan (2019) Optimasi Perahu Wisata Dari Pelabuhan Sumenep Ke Pulau Gili Labak Dengan Metode CFD (Computating Fluid Dynamic). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211646000025_Under Graduate_Thesis.pdf] Text
04211646000025_Under Graduate_Thesis.pdf - Accepted Version
Restricted to Repository staff only until 1 October 2022.

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pulau Gili Labak yang berada dalam wilayah Pulau Madura, bertempat di Kab.Sumenep. Dewasa ini alat transportasi yang digunakan oleh masyarakat yang ingin berkunjung baik lokal maupun luar pulau pada umumnya adalah perahu pariwisata. Perahu yang digunakan masih memiliki kekurangan dari segi kecepatan maupun dari segi efektifitas, mengingat jarak tempuh waktu yang dibutuhkan kapal tersebut dari pelabuhan ke pulau Gili Labak sekitar 2 jam, hal ini menjadi konsen utama mengingat efek dari segi psikis maupun kenyamanan yang dirasakan oleh turis yang berkunjung ke pulau tersebut. Idealnya jarak tempuh yang baik guna meningkatkan kenyamanan bagi para turis efektif dibawah 2 jam perjalanan.
Dalam tugas akhir ini, dilakukan beberapa tahapan Analisa meliputi peningkatan kecepatan, Analisa CFD (Computating Fluid Dynamic) dan selanjutnya dilakukan pemilihan motor induk, berdasarkan perhitungan daya motor dan hambatan yang dialami perahu pada saat berlayar.
Hasil analisa dari tugas akhir ini ialah didapatkan pemilihan mesin yang optimal, guna dapat tercapainya ke efektifitasan jarak waktu tempuh yang lebih singkat bagi kapal pariwisata rute pelabuhan Sumenep – pulau Gili Labak maupun sebaliknya.
================================================================================================
Gili Labak Island is located in the Madura Island region, located in
Sumenep Regency. Currently the transportation used by people who want to visit
both local and outside the island in general is a tourist boat. The ships used still
have deficiencies in terms of speed or in terms of effectiveness, given the distance
traveled by the ship from island to Gili to the island. Ideally a good distance to
increase comfort for tourists is effective for 2 hours of travel.
In this final project, several stages are carried out. Analysis of CFD
(Computating Fluid Dynamic) and subsequent selection of the main motor,
through calculation of motor power and controller equipped with a boat when
sailing.
The results of the analysis of this final project are obtaining a propulsion
system and optimal engine selection, in order to achieve a shorter effective
distance for the Sumenep port route - Gili Labak Island and vice versa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSP 623.873 Rid o-1 2019
Uncontrolled Keywords: Optimization, CFD, Resistance, Tourism Boats.
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA357 Computational fluid dynamics. Fluid Mechanics
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM1 Ballast (Ships)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM163 Hulls (Naval architecture)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ahmad Samhan Ridha
Date Deposited: 29 Dec 2021 07:37
Last Modified: 29 Dec 2021 07:37
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/61887

Actions (login required)

View Item View Item