Muhammad Zaki Z, - (2019) Pengaruh Tipe Elemen dan Response Point pada Optimasi Ukuran Jib Boom Hydraulic Crane dengan Tebal Plat 8 dan 10 mm. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
02111140000144_Undergraduate_Theses.pdf - Accepted Version Restricted to Repository staff only until 1 October 2022. Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pada penelitian yang dilakukan oleh Kelana yang berjudul “Analisa dan Size Optimization Jib Boom Hydraulic Crane dengan Metode Elemen Hingga” ditemukan sebuah masalah dimana hasil optimasi menggunakan metode elemen hingga dan hasil hand calculation memiliki hasil yang berbeda. Hal tersebut menurut hipotesa saya dipengaruhi oleh tipe elemen dan proses saat optimasi. Untuk mengetahui letak masalah tersebut, maka penelitian tugas akhir ini dilakukan dengan analisa dan optimasi ukuran pada jenis dan dimensi crane yang sama dengan menggunakan tipe elemen yang berbeda.
Tahapan penelitian terdiri dari study awal pada 1D, 2D, dan 3D modelling. Kemudian melakukan pemodelan crane, melakukan tes konvergensi, dan melakukan simulasi statik dengan metode elemen hingga untuk mendapatkan besar dan letak tegangan ekuivalen dan deformasi maksimal yang hasilnya dibandingkan dengan menggunakan hand calculation. Proses analisis dimulai dengan memasukkan sifat material, melakukan meshing, dan dilanjutkan dengan pemberian tumpuan dan gaya. Setelah melakukan analisis, selanjutnya adalah melakukan optimasi ukuran dengan response surface optimization pada model awal dan didapatkan tinggi dan lebar crane yang hasilnya dibandingkan dengan perhitungan menggunakan Ms.Excel. setelah itu dilakukan penarikan kesimpulan.
Hasil yang didapatkan dari penelitian tugas akhir ini adalah tipe optimasi yang paling optimum adalah optimasi tetra dengan ketebalan plat 8 mm dengan massa sebesar 7325 kg atau mengalami penurunan sebesar 29.1% dibandingkan massa awal. Dengan nilai tegangan ekuivalen dan deformasi total secara berurutan sebesar 167.5 MPa dan 60.7 mm. Serta dengan ukuran (tinggi x lebar) section mulai dari pangkal sampai ujung adalah (0.8 m x 2.1 m), (0.8 m x 2 m), dan (0.9 m x 0.8 m) secara berurutan ================================================================================================
In the research conducted by Kelana with title “Analysis and Size Optimization of ib Boom Hydraulic Crane by Finite Element Method”found a problem where the optimization results by the finite element method and the results of the hand calculation had different results. According to my hypothesis is influenced by the type of elements and processes during optimization. To find out the problem, in this final project was carried out by analyzing and size optimizing with the same crane dimension using different element types.
The research phase consists of initial studies in 1D, 2D, and 3D modeling. Then do Jib Boom modeling, conduct convergence tests, and do static simulations with the finite element method to get the value and location of equivalent stress and the maximum deformation that the results are compared using hand calculation. The analysis process begins by entering material properties, doing meshing, and proceed with giving support and forces. After finished the analysis, the next step is to do size optimization with response surface optimization on the initial model and obtain the height and width of the Jib Boom whose results are compared with the calculation using Ms.Excel. after that a conclusion is made.
The results obtained from this final project is the most optimum type of optimization is the optimization of tetra with a plate thickness 8 mm with a mass of 7325 kg or a decrease of 29.1% compared to the initial mass. With the equivalent stress and total deformation in a sequence of 167.5 MPa and 60.7 mm and with the size (height x width) each section starting from the base to the tip is (0.8 m x 2.1 m), (0.8 m x 2 m), and (0.9 m x 0.8 m) sequentially
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 621.8 Muh p-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Jib boom hydraulic crane, metode elemen hingga, optimasi ukuran, tipe elemen |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA347 Finite Element Method T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery > TJ1363 Cranes, derricks, etc. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology and Systems Engineering (INDSYS) > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Muhammad Zaki Zarkasyi |
Date Deposited: | 14 Jan 2022 08:24 |
Last Modified: | 14 Jan 2022 08:24 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/62061 |
Actions (login required)
View Item |