Desain Aplikasi Website HUB Marketing Berbasis E-marketplace untuk Pemasaran Produk Kapal dan Komponennya

Armanda, Rizky (2019) Desain Aplikasi Website HUB Marketing Berbasis E-marketplace untuk Pemasaran Produk Kapal dan Komponennya. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111340000024-Undergraduate_thesis.pdf] Text
04111340000024-Undergraduate_thesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pada Industri maritim Indonesia saat ini, pemasaran kapal dan komponen kapal masih mengandalkan cara pemasaran konvensional. Oleh karena itu dibutuhkan cara alternatif dalam pemasaran kapal dan komponennya dengan cara yang lebih modern dan terintegrasi untuk industri bisnis perkapalan. Tujuan yang ingin dicapai dari pengerjaan tugas akhir ini adalah merancang aplikasi website HUB Marketing berbasis e-marketplace, aplikasi dirancang dimulai dengan membuat konten penjualan dengan membuat kategori dan tipe untuk produk kapal dan komponen kapal. Lalu dilanjutkan dengan merancang sistem website dan dilanjutkan merancang mockup dan membuat sistemnya dengan pengkodingan aplikasi. Aplikasi yang telah dibuat dikembangkan menjadi sebuah website dengan nama Hubmarine dan dirancang agar dapat membantu pemasaran produk kapal dan komponen kapal dengan memberikan fitur penjualan dan pembelian dalam website. Dari hasil pengembangan website dilakukan uji responden untuk mengetahui seberapa membantu dan perlu atau tidaknya aplikasi ini dibuat, hasil responden didapat rata-rata jawaban sebesar 81,3%, dapat disimpulkan website ini membantu sistem pemasaran yang ada saat ini. Lalu dilakukan analisa ekonomis untuk biaya yang dibutuhkan, didapat biaya investasi awal sejumlah Rp2.656.700.000, biaya pengelolaan website per tahun sejumlah Rp3.666.003.760, dan pendapatan pengelola website sejumlah Rp5.595.000.000 setiap tahunnya. Selanjutnya investasi akan mengalami break even point pada tahun ke 6 dengan internal rate of return sebesar 17.06%
================================================================================================
The marketing of ships and ship components still using conventional methods. Therefore an alternative way is needed in marketing ships and their components in a more modern and integrated way for the shipping business industri. The objective of this final project is to make HUB website marketing application based on e-marketplace, the application is designed start with creating sales content by categories and types for ship and ship components products. then followed by application designed begins with the approval of the website and is approved by creating mockup and makes the system with application coding. The application that was created became a website with the name Hubmarine. This application that has been designed can help marketing of ship products and components by providing sales and purchase features in the website. From the results of the development of the website, respondents tested to find out the help needed and needed this application was made, the results of the respondents got an average answer of 81.3%, it can be concluded that this website helps the marketing system that exists today. then an analysis of costs for the costs required, the initial investment cost amounted to Rp 2,656,700,000, the cost of managing the website per year amounted to Rp3,666,003,760, and the income management website amounted to Rp5,595,000,000 annually. the investment will experience a break even point in the 6th year with an internal rate of return of 17.06%

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 623.818 Arm d-1 2019
Uncontrolled Keywords: HUB; Marketing; E-Marketplace; Kapal; Komponen Kapal
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM298.5 Shipbuilding industri. Shipyards
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Rizky Armanda
Date Deposited: 24 Feb 2022 07:11
Last Modified: 24 Feb 2022 07:11
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62124

Actions (login required)

View Item View Item