Laduni, Tiara Rizky Marsha (2019) Perancangan souvenir kaos Probolinggo sebagai pengenalan identitas daerah untuk wisatawan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Text
08311440000131-Undergraduate_Theses.pdf Restricted to Repository staff only Download (86MB) | Request a copy |
Abstract
Probolinggo merupakan daerah destinasi wisata di Jawa Timur yang memiliki keunggulan pada keanekaragaman wisata, kesenian, dan kebudayaan. Hal tersebut menjadi daya tarik yang mencerminkan nilai jual sekaligus keunggulan daerah Probolinggo. Oleh karena itu Probolinggo harus memberi kesan baik pada wisatawan yang dapat ditawarkan melalui souvenir, selain sebagai oleh-oleh atau kenang kenangan, souvenir menjadi media yang dapat memperkenalkan karakter atau identitas suatu daerah. Namun ketersediaan souvenir Probolinggo yang ditawarkan kepada wisatawan belum memenuhi kebutuhan serta kualitas souvenir yang pernah dibuat masih kurang beragam, jauh dari kriteria dan tidak layak untuk dijual pada wisatawan terutama wisatawan asing. Padahal bisnis souvenir di luar negri menjadi suatu hal yang benar-benar ditekuni oleh sebagian masyarakatnya, karena mempengaruhi kemakmuran masyarakat, selain itu souvenir yang diproduksi juga diperhatikan kualitas dan desain yang dibuat tidak sewenang-wenang. Perancangan souvenir Probolinggo menampilkan ilustrasi keanekaragaman yang dimiliki Probolinggo diantaranya wisata alam, wisata artifisial, situs sejarah, kesenian, dan budaya. Dengan menggunakan data primer dan sekunder yang diperoleh dari metode depth interview Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Probolinggo dan pemilik lokal brand, observasi, kajian literatur bersumber pada buku pedoman kepariwisataan, serta buku terkait screen printing.
Dengan perancangan ini diharapkan memberikan solusi terhadap kebutuhan souvenir Probolinggo yang layak dari segi kualitas desain maupun bahan souvenir kaos serta grafis yang mempresentasikan potensi daerah probolinggo dibutuhkan oleh wisatawan, sekaligus menjadi media yang dapat memperkenalkan identitas Probolinggo.
================================================================================================
Probolinggo is a tourist destination in East Java that has advantages in diversity of tourism, arts and culture. This has become an attraction that reflects both the selling value and the superiority of the Probolinggo. Therefore Probolinggo must give a good impression to tourists which can be offered through souvenirs, besides as souvenirs or memories, souvenirs are a medium that can introduce the character or identity of an area. However, the availability of Probolinggo souvenirs that offered to tourists does not meet the needs and limited variety of souvenir quality that have ever been made, it is far from the criteria and unfit for sale to tourists, especially foreign tourists. Meanwhile on abroad, the souvenir business has become serious thing that is really occupied by some of its people, because it affects the prosperity of the society and bigger effects it will gain regional revenue, besides the souvenirs produced are also considered the quality and design that is made not arbitrary. The design of Probolinggo souvenirs illustrates the diversity of Probolinggo including natural attractions, artificial tours, historical sites, arts and culture. By using primary and secondary data obtained from the depth method of Probolinggo Tourism and Tourism Goverment (Dinas Pariwisata) and local clothing brand owners, observation, literature review sourced from the tourism guidebook, and books related to screen printing. This design is expected to provide a solution to Probolinggo's souvenir needs. In terms of design quality and souvenir materials of t-shirts. Will be graphics that present the potential of the Probolinggo region which answer what market want, as well as a media that can introduce Probolinggo identity.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSDP 741.6 Dew p-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Souvenir, kaos, identitas daerah, Probolinggo |
Subjects: | N Fine Arts > NC Drawing Design Illustration N Fine Arts > NE Print media |
Divisions: | Faculty of Creative Design and Digital Business (CREABIZ) > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Tiara Rizky Marsha Laduni |
Date Deposited: | 08 Mar 2022 08:11 |
Last Modified: | 08 Mar 2022 08:11 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/62165 |
Actions (login required)
View Item |