Prasetyo, Dwi (2017) Perancangan Film Pendek Bertema Wisata Dengan Pendekatan Storytelling Sebagai Media Promosi Pulau Bawean. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3412100076-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version Download (53MB) | Preview |
Abstract
Bawean merupakan pulau yang berada di utara Pulau Jawa yang memiliki
beragam pilihan objek wisata dengan keunggulan masing - masing yang menjadi
daya tarik wisatawan mancanegara maupun lokal. Pulau Bawean dituntut untuk
siap dalam berbagai aspek baik internal maupun eksternal salah satunya adalah
promosi. Namun selama ini menurut dinas pariwisata sebagai penanggung jawab,
upaya promosi yang dilakukan terhadap Pulau Bawean masih mengandalkan
media konvensional dan tidak berjalan efektif. Hal ini mengakibatkan belum
banyak yang mengetahui. Pulau Bawean membutuhkan media promosi yang dapat
menggambarkan keindahan objek wisatanya secara nyata dalam hal ini adalah
film. Sehingga diharapkan dapat berjalan efektif, dan dapat menarik wisatawan.
Metode penelitian yang digunakan pada tahap pengumpulan data
diantaranya melakukan penggalian data melalui observasi langsung, kuisoner dan
wawancara dengan stakeholder. Selanjutnya adalah menganalisa beberapa video
dan film yang bertema promosi sebagai studi eksisting. Tahap selanjutnya, yaitu
pengolahan data dimana nantinya akan dikaji dan dianalisa sehingga menjadi
beberapa solusi penyelesaian dari masalah dalam perancangan ini.
Hasil akhir dari proses perancangan ini berupa film pendek bertema wisata
dengan konsep Discover the Hidden Paradise yang menggambarkan Bawean
sebagai pulau putri dapat memberikan image positif tentang keindahan pulau
Bawean dan dalam pengembangannya dapat ditambahkan objek-objek wisata lain
yang dapat dijadikan konten dalam sebuah film. ========== Bawean is an island in the northern island of Java, which has a wide
selection of attractions with the advantages of each - each is the main
attraction of local and foreign tourists. Bawean expected to be ready in the
various aspects of both internal and external one is promotion. But so far by
the tourism department in charge, the promotional efforts made to Bawean
still rely on conventional media and ineffective. This resulted in not many
people know. Bawean requires a media campaign to portray the beauty of
the tourist objects are real in this case is the film. Which is expected to be
effective, and can attract tourists.
The method used in the data collection phase include excavation data
through direct observation, questionnaires and interviews with stakeholders.
Next is to analyze multiple video and movie-themed promotions as existing
studies. The next stage, namely the processing of data which will be studied
and analyzed to be some settlement solution of the problem in this design.
The end result of this design process in the form of a short film with the
concept of travel themed Discover the Hidden Paradise depicting Bawean
as the island princess can give a positive image of the beauty of the island
and in its development Bawean objects can be added other attractions that
can be used as content in a film.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSDP 778.59 Pra p |
Uncontrolled Keywords: | Bawean, Promotion, Movies, Stories, Promosi, Film, Cerita |
Subjects: | T Technology > TR Photography > TR845 Cinematography. Video recordings. |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Visual Communication Design > 90241-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 05 Mar 2019 02:51 |
Last Modified: | 05 Mar 2019 02:51 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/62434 |
Actions (login required)
View Item |