Pemilihan Strategi Untuk Meningkatkan Kinerja Inovasi Klaster Industri Kreatif Kampoeng Batik Laweyan

Rahayu, Jumie Sephy (2015) Pemilihan Strategi Untuk Meningkatkan Kinerja Inovasi Klaster Industri Kreatif Kampoeng Batik Laweyan. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2512205007-Paper.pdf]
Preview
Text
2512205007-Paper.pdf - Published Version

Download (513kB) | Preview
[thumbnail of 2512205007-Presentation.pdf]
Preview
Text
2512205007-Presentation.pdf - Presentation

Download (3MB) | Preview
[thumbnail of 2512205007-Master_Theses.pdf]
Preview
Text
2512205007-Master_Theses.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Saat ini, dunia sedang memasuki era-industri gelombang keempat, yaitu industri
ekonomi kreatif yang menekankan pada gagasan dan ide kreatif. Adanya preferensi konsumen,
perkembangan teknologi, dan iklim kompetisi yang cepat berubah menuntut klaster
memperbarui strategi dengan melakukan inovasi. Penciptaan inovasi diharapkan dapat
meningkatkan produktivitas klaster sehingga produk klaster dapat bersaing dipasaran lokal
maupun global. Penelitian ini membahas pemilihan strategi untuk meningkatkan kinerja inovasi
klaster industri kreatif batik Laweyan.
Penelitian ini menggunakan metode diagram Rantai Nilai (Value Chain, Business Model
Canvas, analisis PESTEL dan analisis Diamod Porter. Selanjutnya mengidentifikasi SWOT,
kemudian melakukan pembobotan untuk mengetahui posisi kuadran. Pembobotan dilakukan
dengan metode Analytical Hierarchy Process (AHP). Selanjutnya, dilakukan pemilihan strategi
dengan metode Analytic Network Process (ANP).
Hasil penelitian yang menghasilkan, (1) klaster industri kreatif Kampoeng Batik
Laweyan berada pada kuadran I, yaitu posisi agresif dan ekspansi sehingga strategi yang
digunakan adalah memanfaatkan kekuatan untuk mengoptimalkan peluang. Subkriteria yang
paling berpengaruh dalam pemilihan strategi adalah subkriteria Price (P2) dan Profit rate (M4).
Strategi yang menjadi prioritas akhir yaitu penguatan brand Kampoeng Batik Laweyan dan
Pengembangan kampung wisata edukasi. ========== The world has been entering forth wave of industrial era, a creative economy industry
which strive on creative idea. The existences of customer preferences, advance technologies, and
competitive climate forced clusters to adapt their strategies with innovation. This innovation are
expected to bring cluster's productivity improvement so that the product can compete at local
and/or international market. This study was conducted to determine proper strategies to improve
innovation performance of Kampung Batik Laweyan, creative industry cluster.
The study was carried out using Value Chain diagram (Value Chain, Business Model
Canvas, PESTEL analysis and Diamod Porter analysis). SWOT identification and AHP
weighting method were applied to figure out its quadrant position. ANP was used as final step
for strategies selection.
The result showed that (1) Kampung Batik Laweyan creative industry cluster is on
quadrant I, an agressive and expansive position, therefore the suitable strategy is to take its
strength advantages to optimize the chance. The most influential subcriteria on this strategies
selection was price (P2) and profit market (M4). The last strategy prior to apply is Kampung
Batik Laweyan branding and tourist village development.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTI 658.403 Rah p
Uncontrolled Keywords: strategies, innovation performances, cluster, batik, strategi, kinerja inovasi, klaster
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning.
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26101-(S2) Master Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 18 Mar 2019 08:08
Last Modified: 18 Mar 2019 08:08
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62525

Actions (login required)

View Item View Item