Pemodelan Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Di Indonesia Dengan Pendekatan Regresi Data Panel Dinamis

Damaliana, Aviolla Terza (2016) Pemodelan Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri Di Indonesia Dengan Pendekatan Regresi Data Panel Dinamis. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 1312100004-Undergradute Thesis.pdf]
Preview
Text
1312100004-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penyerapan tenaga kerja sektor industri adalah lowongan pekerjaan di sektor Industri yang sudah diisi oleh pencari kerja dan pekerja. Penyerapan tenaga kerja tersebut diperlukan dalam distribusi pendapatan yang nantinya akan berdampak pada pembangunan ekonomi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memodelkan penyerapan tenaga kerja sektor industri di Indonesia yang berpengaruh secara jangka pendek serta yang berpengaruh secara jangka panjang menggunakan regresi data panel dinamis. Adapun variabel yang diduga mempengaruhi penyerapan tenaga kerja sektor industri di Indonesia antara lain, Produk Domestik Bruto (PDRB), upah minimum provinsi (UMP), dan produktivitas tenaga kerja. Data yang digunakan adalah data sekunder yang diperoleh dari publikasi yang dikeluarkan oleh Badan Pusat Statistik (BPS). Langkah metodologi Tugas Akhir ini adalah mendiskripsikan data dan melakukan analisis regresi data panel dinamis menggunakan GMM Arellano-Bond. Adapun hasil analisisnya menunjukkan bahwa secara jangka pendek dan jangka panjang, penyerapan tenaga kerja sektor industri di Indonesia dipengaruhi oleh PDRB, UMP, dan produktivitas tenaga kerja.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSt 519.536 Dam p
Uncontrolled Keywords: Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Industri, Distribusi Pendapatan, Regresi Panel Dinamis, Estimasi GMM Arellano-Bond.
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.2 Regression Analysis. Logistic regression
Divisions: Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 05 Apr 2019 07:27
Last Modified: 05 Apr 2019 07:27
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62707

Actions (login required)

View Item View Item