Strategi penetapan harga pada dual channel supply chain untuk produk reycled (studi kasus : Rumah Duatujuh)

Rahmawati, Fina (2015) Strategi penetapan harga pada dual channel supply chain untuk produk reycled (studi kasus : Rumah Duatujuh). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of undergraduated thesis.pdf]
Preview
Text
undergraduated thesis.pdf

Download (13MB) | Preview

Abstract

Perkembangan teknologi internet membantu perusahaan untuk
memperkenalkan produk kepada masyarakat luas dengan mudah. Terlebih
pengguna internet mencapai 107 juta pada tahun 2014 dan akan meningkat ditiap
tahunnya. Hal ini mendorong perusahaan menambah saluran penjualan untuk
memperluas daerah pemasaran. Perusahaan menjual produk secara offline channel
dan online channel secara bersamaan. Pada ilmu manajemen rantai pasok konsep
ini dikenal dengan dual channel supply chain (DCSC). Salah satu alasan
perusahaan untuk mempertimbangkan struktur DCSC adalah ketidakpastian
permintaan pasar terhadap produk. DCSC juga diterapkan pada perusahaan yang
menjual produk recycled. Saat ini produk recycled mulai banyak disukai karena
keterbatasan pelanggan membeli produk baru yang harganya mahal. Dengan
adanya offline channel dapat mempengaruhi permintaan pada online channel,
sehingga perlu dilakukan upaya agar eksistensi kedua channel penjualan dapat
terjaga. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan strategi penetapan
harga. Pemilihan strategi penetapan harga yang tepat sangat mempengaruhi
jumlah permintaaan terhadap produk, kepuasan pelanggan, dan kepercayaan
pelanggan, terlebih kepada pelanggan saluran penjualan yang lama. Hal ini dapat
mempengaruhi besarnya profit yang akan didapatkan. Sebagai pelaku usaha pasti
menginginkan profit yang lebih besar dengan tetap menjaga eksistensi kedua
saluran penjualan. Berdasarkan permasalahan ini maka dilakukan penelitian
dalam bentuk Tugas Akhir tentang penerapan strategi harga pada DCSC. Metode
yang digunakan adalah metode optimasi dan quadratic programming dengan
fungsi tujuan maksimasi profit. Strategi yang digunakan adalah equal, prevalent,
dan different pricing strategy. Berdasarkan percobaan yang telah dilakukan
diketahui strategi yang dapat memberikan harga yang optimum untuk
menghasilkan profit terbanyak untuk offline channel adalah prevalent pricing
strategy, untuk online channel adalah equal pricing strategy, dan untuk struktur
dual channel supply chain keseluruhan adalah equal pricing strategy.

==============================================================================================================

The development of Internet technology can help companies to introduce
their products to general public easily. Moreover, internet users reached 107
million in 2014 and will increase in each year. It encourages companies to add
sales channels to expand the marketing area. The Company sells the products via
offline and online channels simultaneously. In supply chain management theory,
this concept is known as the dual-channel supply chain (DCSC). One of the
reasons of the company to consider the structure DCSC is uncertainty in market
demand for the product. DCSC is also applied by the companies selling recycled
products. Currently, recycled products are widely preferred because of the
limitations of customers to buy new products that are expensive. Offline channel
can affect demand in the online channel, so efforts should be made for
maintaining the existence of two sales channels. One effort that can be done is
with the pricing strategy. Selection of the appropriate pricing strategy greatly
affects the number of demand for products, customers’ satisfaction and trust,
especially to old sales channel customers. It can affect the amount of profit to be
obtained. A businessman wants a larger profit while maintaining the existence of
two sales channels. Based on this problem, researcher conducts the study in the
form of Final Project on implementation of pricing strategy at DCSC. The method
used is optimization method and quadratic programming with profit maximization
as objective function. The strategy used is equal, prevalent, and different pricing
strategy. Based on the experiments that have been made, it is known strategy
which can deliver optimum price to generate the highest profit for the offline
channel is prevalent pricing strategy, for the online channel is equal pricing
strategy, and for the whole dual-channel supply chain structure is equal pricing
strategy.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.155 4 Rah s
Uncontrolled Keywords: dual channel supply chain, quadratic programming, strategi penetapan harga.
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 25 Apr 2019 05:19
Last Modified: 25 Apr 2019 05:19
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/62849

Actions (login required)

View Item View Item