Dhyaksatama, Dikstra (2015) Evaluasi Jalur Monorel Di Surabaya Dengan Menggunakan Metode Analisa Sistem Informasi Geografis. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3511100031-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version Download (3MB) | Preview |
Abstract
Monorel adalah transportasi massal yang akan
direncanakan dibangun di kota Surabaya. Agar monorel ini dapat
dimanfaatkan sebaik-baiknya dan membawa keuntungan bagi
penyelenggara monorel dan masyarakat Surabaya, maka jalur dan
tempat pemberhentian monorel haruslah melewati daerah yang
benar-benar membutuhkan moda transportasi tersebut. Penelitian
ini menganalisis bagaimana tingkat efektivitas rencana jalur
monorel yang akan dibangun di kota Surabaya dengan membuat
rencana jalur monorel kota Surabaya dengan metode Sistem
Informasi Geografis. Metode yang digunakan untuk mendapatkan
rencana jalur monorel terbaik adalah metode Simple Additive
Weighting (SAW) dengan pembobotan Pairwise Comparison. Peta
yang digunakan berdasarkan tingkat kepentingannya dalam
pengolahan ini adalah jalur transportasi eksisting, fungsi jalan,
utilitas kota, land use eksisting, rencana pola ruang, kepadatan
penduduk, lipatan lempeng. Peta-peta tersebut diolah untuk
menghasilkan rencana jalur monorel kota Surabaya yang paling
sesuai dan dibandingkan dengan rencana jalur monorel dari
Bappeko Surabaya. Hasil penelitian ini adalah rencana jalur
monorel kota Surabaya berdasarkan skor tertinggi pada penelitian
ini sepanjang 27.898 kilometer. Ketika dibandingkan dengan jalur
monorel rencana Bappeko, 53,208% atau 16.959 kilometer sesuai.
Hal yang mengakibatkan perbedaan ini adalah jalur monorel
rencana Bappeko melewati jalan lebih lebar, tempat-tempat
iv
tertentu dan wilayah ujung barat Surabaya dimana daerah tersebut
mempunyai skor yang tidak cukup pada penelitian ini untuk
dijadikan rencana jalur monorel.
=========================================================================================================
Monorail is one of the mass transportation which planned
to be build in the Surabaya city. In order to the monorail can be
used well and bring benefits for both investors and society, so the
monorail track and its stops must pass through areas that really
need these transport modes. This research analyze how effective
planned monorail track which to be built in Surabaya with making
a new planned monorail track with Geographic Information
System (GIS). This research used Simple Additive Weighting
(SAW) method to get the best planned monorail track with
Pairwise Comparison weighting. Maps which is used for this
research according its importance level are existing public
transportation map, road classification map, city utilities map, land
use existing map, spatial patter plan map, people density map, and
fold plates map. These maps processed to produce the best planned
monorail track and then comparing it with existing planned
monorail track by Surabaya’s Urban and Regional Planning
Agency (Bappeko). The result of this research is the best planned
monorail track has 27,898 kilometers long. When it compared with
existing planned monorail track by Surabaya’s Urban and Regional
Planning Agency (Bappeko), only 53,208% or 16.959 kilometers
is the same. This happened because of existing planned monorail
track went through wider road, several places, and west ends of
Surabaya City which these areas have insufficient score on this
research for become best planned monorail track.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSG 025.069 1 Dhy e |
Uncontrolled Keywords: | Monorel, Perencanaan, Sistem Informasi Geografis, Transportasi Massal |
Subjects: | G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G70.212 ArcGIS. Geographic information systems. |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Geomatics Engineering > 29202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 06 May 2019 06:32 |
Last Modified: | 06 May 2019 06:32 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/62908 |
Actions (login required)
View Item |