Sistem Navigasi Pada Balon Udara Menggunakan GPS Dan Kontrol Logika Fuzzy

Kurniawan, Dimas Arief Rahman (2016) Sistem Navigasi Pada Balon Udara Menggunakan GPS Dan Kontrol Logika Fuzzy. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2212100171-Undergradute Thesis.pdf]
Preview
Text
2212100171-Undergradute Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Pengembangan sistem navigasi Unmanned Aerial Vehicle (UAV)
untuk keperluan pemantauan dan eksplorasi semakin meningkat. Jenis
UAV yang sering digunakan untuk keperluan ini adalah quadcopter dan
pesawat fixed wing. Quadcopter memiliki bentuk yang ringkas sehingga
dapat terbang di tempat yang sempit dan kecil. Sedangkan pesawat fixed
wing sering digunakan untuk pemetaan area yang luas. Namun
penggunaan kedua wahana tersebut kurang cocok untuk keperluan
pemantauan dan eksplorasi. Quadcopter memiliki jangka terbang dan
jarak tempuh yang pendek. Pesawat fixed wing dapat terbang dengan jarak
tempuh yang panjang, namun mempunyai kecepatan terbang yang tinggi.
Salah satu pilihan UAV alternatif untuk keperluan pemantauan dan
eksplorasi adalah balon udara. Balon udara sangat cocok digunakan untuk
aplikasi ekplorasi dalam kecepatan dan ketinggian yang rendah. Gaya
angkat balon udara menggunakan gas helium, sehingga balon udara dapat
terbang lebih lama dan dengan jarak yang jauh. Oleh karena itu, pada
tugas akhir ini merancang dan merealisasikan sistem navigasi balon udara
menggunakan GPS (Global Posistioning System) dan kompas sehingga
balon udara dapat melakukan navigasi secara otomatis menuju waypoint.
Dengan sistem navigasi otomatis, balon udara dapat melakukan
pemantauan dan eksplorasi tanpa bantuan operator. Sistem ini
menggunakan sensor GPS berbasis GNSS (Global Navigation Satellite
System) untuk mengetahui posisi, sensor kompas berbasis IMU (Inertial
Measurement Unit) untuk mengetahui arah, dan kontrol logika fuzzy
sebagai pengatur kecepatan motor kemudi untuk pergerakan balon. Pada
metode ini, akurasi dari sensor GNSS berkisar antara 9,5 sampai 20 meter.
Galat maksimum dari kompas dengan kompensasi kemiringan adalah 7%.
Terjadi osilasi pada arah Utara dengan simpangan berkisar antara 50-90
derajat dan arah Barat dengan simpangan sebesar 20-50 derajat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSE 621.384 191 Kur s
Uncontrolled Keywords: Balon udara, GPS, Kompas, Navigasi, Waypoint
Subjects: G Geography. Anthropology. Recreation > G Geography (General) > G109.5 Global Positioning System
Divisions: Faculty of Electrical Technology > Electrical Engineering > 20201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 17 Jun 2019 07:36
Last Modified: 17 Jun 2019 07:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/63136

Actions (login required)

View Item View Item