Wardani, Aulia (2015) Pemodelan dan analisis pengaruh variasi luasan orifice terhadap gaya redam, daya listrik bangkitan, dan respon dinamis pada Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber (HMRSA). Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
2111100076-Undergraduate.pdf Download (6MB) | Preview |
Abstract
Menurut the official U.S. government source for fuel economy information, yakni sumber informasi resmi pemerintah USA tentang bahan bakar, menyatakan bahwa energi efektif yang mampu digunakan untuk menggerakkan kendaraan hanya sebesar 14% - 30%. Selebihnya, 68% - 72% sebagai engine losses, 4% - 6% sebagai parasitic losses, 5% - 6% sebagai drivetrain losses, dan 3% sebagai idle losses. Salah satu cara meningkatkan efisiensi energi pada mobil adalah dengan menggunakan RSA (Regenerative Shock Absorber) pada sistem suspensi kendaraan.
Sistem RSA alternatif yang dibahas pada penelitian ini yaitu menggunakan Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber (HMRSA). Pada tugas akhir ini, dibuat pemodelan secara teoritis, simulasi, serta analisis pengaruh variasi luasan orifice pada sistem HMRSA. Dari variasi tersebut, dipilih salah satu pasangan diameter orifice yang sesuai dengan kebutuhan untuk selanjutnya disimulasikan pada model ¼ kendaraan. Dari hasil simulasi, dianalisis perbedaan karakteristik dinamis dan daya listrik bangkitan yang dihasilkan pada variasi input (sinusoidal dan bump yang dimodifikasi). Selain itu, dari kedua jenis input akan dibandingkan pula antara HMRSA dengan nilai konstanta redaman C tertentu yang dipasang pada quarter car. Parameter simulasi sistem HMRSA ini disesuaikan dengan jurnal internasional yang telah ada. Metodologi penelitian yang digunakan yaitu studi literatur, pemodelan sistem HMRSA, maupun pemodelan sistem model ¼ kendaraan (quarter car model) dengan HMRSA. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa semakin kecil luasan suatu orifice maka gaya redamnya semakin besar. Selain itu, luasan orifice tidak berpengaruh pada respon kelistrikan. Dari sistem HMRSA, didapatkan nilai gaya redam ekspansi dan kompresi maksimum sebesar 6188 N dan 16590 N dengan diameter orifice 1 dan diameter orifice 2 sebesar 2 mm. Pada sistem quarter car dengan HMRSA dihasilkan respon dinamis yaitu perpindahan maksimum sebesar 0.05 m, kecepatan maksimum sebesar 0.4 m/s, percepatan maksimum sebesar 4.5 m/s2 dan gaya redam maksimum sebesar 13170 N. Untuk hasil respon kelistrikan, daya listrik maksimum yang dapat dibangkitkan yaitu sebesar 100 Watt dengan arus listrik maksimum sebesar 5 A dan tegangan listrik maksimum sebesar 19.6 Volt.
========================================================================================================
The official U.S. government source for fuel economy information claims that the effective energy can be used on vehicle is just about 14% to 30%. Meanwhile, 68%-72% is used as engine losses, 4%-6% as parasitic losses,5%-6% as drivetrain losses, and 3% as idle losses. A way to improve the energy efficiency on vehicle is using RSA (Regenerative Shock Absorber) on vehicle system suspension.
The alternative RSA system discussed on this research is Hydraulic Motor Regenerative Shock Absorber (HMRSA). In this research,the theoritical model is created and the simulation of HMRSA with analysis of orifice area variation effect is made using Simulink Matlab. By choosing one of the orifice diameter pair (orifice area variation) that suits with the requirements of the vehicle, it then simulated on quarter car model. From the simulation, the difference of dynamic response and generated electricity power that produced by the input variation (sinusoidal and bump modified) is then analyzed. Furthermore, from the input variation between HMRSA and damping constant C that assemblied on vehicle is also compared.
The simulation parameter of this HMRSA system is based on existing international journal. The research methods are literature studies, modelling of HMRSA system, and modelling of HMRSA with quarter car model. It can be found that the smaller orifice area used, the bigger damping force produced. Besides, orifice area do not influence the electricity response. The HMRSA system resulting maximum expansion and compression damping force of 6188 N and 16590 with first and second orifice diameter of 2 mm. Whereas the HMRSA assemblied on quarter car model resulting dynamic responses which are maximum displacement of 0.05 m, maximum speed of 0.4 m/s, maximum acceleration of 4.5 m/s2, and maximum damping force of 13170 N. For electricity response, the maximum generated electricity power is 100 Watt with maximum current of 5 A and maximum voltage of 19.6 Volt
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSM 629.243 War p |
Uncontrolled Keywords: | Regenerative Shock Absorber (RSA); pengaruh luasan orifice; gaya redam; daya listrik bangkitan; sistem suspensi; karakteristik dinamis |
Subjects: | T Technology > TL Motor vehicles. Aeronautics. Astronautics > TL257.5 Automobiles--Shock absorbers--Design and construction. |
Divisions: | Faculty of Industrial Technology > Mechanical Engineering > 21201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Taufiq Rahmanu |
Date Deposited: | 25 Jun 2019 06:31 |
Last Modified: | 25 Jun 2019 06:31 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/63248 |
Actions (login required)
View Item |