Hermawan, Reza Rachmadhani and Sari, Elya Gestina (2016) Modifikasi Perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya Dengan Menggunakan Rigid Pavement Pada STA 03+000 - 06 +000 Kota Surabaya Provinsi Jawa Timur. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3113030116-150-Non Degree Thesis.pdf - Published Version Download (7MB) | Preview |
Abstract
Transportasi adalah salah satu bagian dari kebutuhan dan
kepentingan keseluruhan manusia yang disebabkan oleh adanya
suatu sistem pergerakan atau perpindahan objek, baik berupa
manusia ataupun barang dari satu tempat asal ke tempat tujuan
yang dikehendaki. Oleh karena itu, diperlukan suatu perencanaan
jalan, di mana jalan itu sendiri merupakan prasarana perhubungan
darat yang mempunyai peranan penting untuk memperlancar
kegiatan ekonomi di suatu daerah. Salah satu upaya untuk
mewujudkan hal tersebut yaitu dengan melaksanakan
pembangunan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya yang
dikarenakan arus lalu lintas yang melewati semakin hari semakin
bertambah padat.
Perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur ini direncanakan
dengan perkerasan kaku dan perkerasan lentur. Perkerasan kaku
digunakan pada main road, sedangkan perkerasan lentur
digunakan pada frontage road. Metode yang digunakan pada
perencanaan jalan ini meliputi analisa kapasitas jalan
menggunakan MKJI tahun 1997 , perhitungan perencanaan tebal perkerasan kaku menggunakan petunjuk Perencanaan Tebal
Perkerasan Kaku Jalan (Pd T-14-2003), perhitungan perencanaan
tebal perkerasan lentur menggunakan Perencanaan Tebal
Perkerasan Lentur Metode Analisa Komponen Bina Marga1987,
control geometric menggunakan perencanaan geometric jalan
tahun 2004, perencanaan drainase dengan menggunakan Metode
SNI-03-3424-1994, penggambaran geometrik jalan (Long Section
dan Cross Section) pada segmen jalan yang direncanakan,
Rencana Anggaran Biaya menggunakan HSPK Surabya tahun
2015, dan metode pelaksanaan mengunakan buku petunjuk teknis
dari PU Jawa Timur.
Dari hasil perhitungan analisa kapasitas jalan main road pada
kondisi eksisting 4/2 D dengan lebar jalan 3,5 m per lajur diperoleh
DS > 7,5, sehingga perlu upaya untuk pengalihan volume
kendaraan yang akan melintasi Jalan Lingkar Luar Timur
Surabaya. Sedangkan pada jalan frontage road, di mana kondisi
eksisting 2/2 UD dengan lebar jalan 3 m per lajur diperoleh
DS<0,75. Sehingga, tidak perlu pengalihan volume kendaraan
yang akan melintasi Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya. Dari hasil
analisa kontrol geometrik yang dilakukan, antara hasil yang
diperoleh dengan data yang sudah ada mempunyai kesamaan
(mendekati). Perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya
pada main road menggunakan perkerasan kaku (Beton K-400)
dengan tebal slab beton yaitu 23 cm dan pondasi bawah berupa
campuran beton kurus, yaitu lean concrete sebagai lantai kerja.
Sambungan yang digunakan adalah Sambungan Beton
Bersambung Tanpa Tulangan (BBTT) dengan ruji. Sambungan
memanjang berupa tie bar, di mana pada tie bar tersebut
menggunakan diameter 12 mm, jarak 450 mm, sedangkan pada
sambungan melintang (dowel) menggunakan diameter 36 mm. Perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya pada frontage
road menggunakan perkerasan lentur dengan lapisan atas yaitu
laston dengan tebal lapisan 5 cm, lapisan pondasi atas yaitu agregat
kelas A dengan tebal 20 cm, dan pondasi bawah yaitu agregat kelas
B dengan tebal 25 cm. Perencanaan saluran tepi drainase menggunakan bentuk
persegi dengan beton K-250.Rencana anggaran biaya untuk
perencanaan Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya pada STA
03+000-06+000 adalah sebesar Rp 104,510,861,119.89.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.7 Her m |
Uncontrolled Keywords: | Jalan Lingkar Luar Timur Surabaya STA 03+000-06+000 |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | ansi aflacha |
Date Deposited: | 03 Jul 2019 02:56 |
Last Modified: | 03 Jul 2019 02:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/63415 |
Actions (login required)
View Item |