Analisis Intensi Pembelian Pada Aplikasi Mobile Shopping Dengan Metode Structural Equation Modelling (Studi Kasus: Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak)

Hasanah, Al Lilah Nur (2019) Analisis Intensi Pembelian Pada Aplikasi Mobile Shopping Dengan Metode Structural Equation Modelling (Studi Kasus: Tokopedia, Shopee, dan Bukalapak). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211540000007_Undergraduates_Theses.pdf]
Preview
Text
05211540000007_Undergraduates_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Latar Belakang: Pembelian secara online semakin diminati masyarakat dan didukung dengan perkembangan e-commerce di Indonesia. Pembelian secara online menjadi semakin mudah, dan perusahaan e-commerce terus melakukan inovasi dan memberikan kemudahan akses untuk penggunanya. Pengguna aplikasi mobile shopping merupakan hal yang penting untuk dipertahankan. Hal ini karena konsumen menjadi faktor penting agar e-commerce dapat berkembang dan akan terus berkembang mengikuti pergerakan penggunanya.
Permasalahan: Permasalahan yang dihadapi adalah mempertahankan pelanggan menjadi tantangan berat karena banyak kompetitor dan biaya peralihan yang rendah. Sehingga dengan mempertahankan pengguna dapat membuat pengguna tidak berpindah ke aplikasi mobile shopping lainnya. Untuk itu, perlu diidentifikasi pengaruh dari faktor-faktor yang diteliti terhadap continued intention dalam pembelian secara online dengan menggunakan aplikasi mobile shopping, serta apa saja faktor lain yang dapat dijadikan saran untuk penelitian kedepannya.
Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh dari faktor-faktor yang mempengaruhi continued intention untuk melakukan pembelian kembali menggunakan aplikasi mobile shopping, serta dapat memberikan saran variabel atau faktor lain yang dapat berpotensi untuk mempengaruhi niat keberlanjutan belanja online melalui aplikasi mobile shopping untuk penelitian kedepannya.
Metode: Metode yang digunakan adalah analisis Structural Equation Modelling dengan menggunakan model penelitian yang telah dikembangkan oleh Lingling Gao, Kerem Aksel Waechter, dan Xuesong Bai. Variabel yang digunakan adalah variabel yang terdapat pada IS success model, flow, trust dan satisfaction. Proses pengumpulan data dilakukan dengan metode survei dengan jumlah responden 400 orang generasi millenials yang berusia 15-34 Tahun.
Hasil: Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah intensi pembelian berkelanjutan atau continuance intention dipengaruhi secara signifikan oleh kepuasan (satisfaction sebesar β = 0,74, dan kualitas sistem aplikasi berpengaruh secara positif terhadap kepercayaan, flow, dan kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi mobile shopping. Variabel lain yang dapat ditambahkan dalam penelitian selanjutnya adalah habitual usage, subjective norms, dan control variabel seperti jenis kelamin (gender), usia (age) dan pendapatan (income).
Manfaat: Penelitian ini bermanfaat untuk membantu dalam mengidentifikasi faktor utama yang mempengaruhi intensi pembelian menggunakan aplikasi mobile shopping dan memberikan saran variabel yang berpotensi mempengaruhi intensi pengguna berdasarkan kajian literatur yang ada.
=================================================================================================================================
Background: Online purchases are increasingly in demand by the public and supported by the development of e-commerce in Indonesia. Online purchases are becoming easier, and e-commerce companies continue to innovate and provide easy access for users. Users of mobile shopping applications are important things to maintain. Because consumers are an important factors that e-commerce can develop and will continue to growth, and following the movements of its users.
Problems: The problem is maintaining customers is a big problems because there are many competitors and low switching costs. So, maintaining users can make users not move to other mobile shopping applications. For this reason, it is necessary to identify the influence of the factors studied on continued intention in purchasing online using mobile shopping applications, as well as what other factors can be used as suggestions for future research..
Purpose: This study aims to identify the effects of factors that influence continued intention to repurchase using mobile shopping applications, and can provide suggestions on variables or other factors that could potentially influence the sustainability intention of online shopping through mobile shopping applications for future research.
Method: In this research using analysis method of Structural Equation Modeling using research models that have been developed by Lingling Gao, Kerem Aksel Waechter, and Xuesong Bai. The variables used are variables contained in the IS success model, flow, trust and satisfaction. The process of data collection was carried out by the survey method with the number of respondents of 400 data of generations of millenials aged 15-34 years.
Findings: The results achieved in this study are continuance intention influenced significantly by satisfaction (β = 0.74) and system quality has a positive effect on trust, flow, and satisfaction. Others variables that can be added in further research is habitual usage, subjective norms, and control variables (gender, age, and income).
Benefits: This research is useful to assist in identifying the main factors that influence purchase intention using mobile shopping applications and provide suggestions for variables that have the potential to influence user intentions based on existing literature review.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 005.1 Has a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Intensi Pembelian, Pembelian Online, Aplikasi Mobile Shopping, Structural Equation Modelling
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA278.3 Structural equation modeling.
T Technology > T Technology (General) > T11 Technical writing. Scientific Writing
T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Al Lilah Nur Hasanah
Date Deposited: 30 May 2024 04:09
Last Modified: 30 May 2024 04:09
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64587

Actions (login required)

View Item View Item