Optimasi Penjadwalan Rute Perjalanan dengan Pesawat Menggunakan Metode Hyper Heuristic Berbasis Algoritma Late Acceptance Hill Climbing

Mahadika, Gilang Dimizza (2019) Optimasi Penjadwalan Rute Perjalanan dengan Pesawat Menggunakan Metode Hyper Heuristic Berbasis Algoritma Late Acceptance Hill Climbing. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211540000106-Undergraduate_Theses.pdf] Text
05211540000106-Undergraduate_Theses.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penjadwalan rute merupakan salah satu permasalahan klasik yang menarik untuk diamati. Salah satu permasalahan dalam penjadwalan rute adalah penjadwalan rute perjalanan dengan pesawat yang disediakan oleh Travelling Salesman Challenge 2.0. Penjadwalan rute perjalanan menggunakan media pesawat ini bertujuan untuk mendapatkan rute perjalanan dengan total biaya penerbangan seminimal mungkin. Pada penjadwalan rute ini, alur perjalanan yang ditempuh yaitu cukup melalui salah satu bandara dari setiap area yang ada. Masing–masing area telah dibagi dan terdiri dari satu atau lebih bandara. Banyaknya batasan (hard constraint) yang harus dipenuhi menjadi tantangan tersendiri dalam menyelesaikan permasalahan ini. Pemenuhan batasan–batasan tersebut tentu akan memakan waktu lama apabila penjadwalan rute perjalanan dilakukan dengan menggunakan metode konvensional. Beberapa penelitian, dalam usaha melakukan optimasi terhadap penjadwalan rute perjalanan, telah dilakukan dengan menggunakan metode dan algoritma yang bervariasi. Proses optimasi dengan menggunakan algoritma tersebut terbukti dapat membantu dalam menyelesaikan permasalahan penjadwalan rute perjalanan dengan waktu dan hasil yang lebih baik dibandingkan dengan menggunakan proses manual. Tugas akhir ini membahas tentang penjadwalan rute perjalanan dengan pesawat menggunakan dataset Travelling Salesman Challenge 2.0. Pendekatan algoritma Late Acceptance Hill Climbing (LAHC) adalah metode hyper heuristic yang dipilih untuk menyelesaikan permasalahan dalam tugas akhir ini. Hasil penelitian tugas akhir ini menunjukkan bahwa algoritma LAHC mampu menyelesaikan permasalahan penjadwalan rute perjalanan TSC 2.0 dengan memangkas biaya perjalanan rata-rata sebanyak 50,89%.
===================================================================================================================================
Route scheduling is one of the classic problems that is interesting to observe. One of the problems in route scheduling is trip routes scheduling by plane provided by Traveling Salesman Challenge 2.0. Trip routes scheduling by plane aims to get trip routes with a minimum flight cost. In scheduling this route, the flow of the journey taken only needs to visit one of the airports in each area. Each area consists of at least one airport. The hard constraints that must be fulfilled become a challenge in solving this problem. Fulfillment of these constraints will certainly take a long time if the scheduling of trip routes is done using conventional methods. Some studies, to optimize the scheduling of trip routes, have been carried out using various methods and algorithms. The optimization process using these algorithms is proven to be able to help in solving problems in scheduling the trip routes with better running time and results compared to using manual processes. This final project discusses trip routes scheduling by plane using the Traveling Salesman Challenge 2.0 dataset. The Late Acceptance Hill Climbing (LAHC) algorithm approach is the hyper-heuristic method chosen to solve the problems in this final project. The results of this final project indicate that the LAHC algorithm can solve the problems of trip routes scheduling of TSC 2.0 by reducing the average trip costs by 50.89%.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 006.33 Mah o-1 2019 3100019081198
Uncontrolled Keywords: Penjadwalan rute perjalanan dengan pesawat, hyper heuristic, Late Acceptance Hill Climbing
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models
Q Science > QA Mathematics > QA76.6 Computer programming.
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
T Technology > T Technology (General) > T57.6 Operations research--Mathematics. Goal programming
Divisions: Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Gilang Dimizza Mahadika
Date Deposited: 07 Nov 2025 02:59
Last Modified: 07 Nov 2025 02:59
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64609

Actions (login required)

View Item View Item