Setyoardi, Rendra Surya (2019) Perancangan Purwarupa Aplikasi Perangkat Bergerak untuk Penagihan Simpanan dan Angsuran pada Koperasi Menggunakan Metode User Centered Design. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
05211540000117-Undergraduate_Theses.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Salah satu bentuk dari Lembaga Keuangan Mikro (LKM) di Indonesia adalah koperasi. Koperasi memiliki perkembangan yang sangat cepat di Indonesia. Jumlah koperasi naik sekitar 109.11 persen dari tahun 2000 dengan jumlah 103,077 unit hingga pada tahun 2017 menjadi 215,545. Koperasi memiliki banyak fungsi salah satunya koperasi simpan pinjam. Permasalahan umum yang terjadi di koperasi tersebut adalah kredit dan simpanan bermasalah karena anggota tidak dapat membayarnya dengan alasan tertentu. Hal tersebut merugikan koperasi karena dengan tidak adanya aliran arus kas yang masuk ke koperasi menyebabkan berkurangnya sisa hasil usaha. Salah satu penyebab adanya hal tersebut dapat berasal dari internal koperasi yaitu lemahnya sistem informasi yang dimiliki koperasi. Sistem informasi penagihan menjadi suatu hal yang berperan penting dalam hal mengurangi risiko adanya kredit atau simpanan bermasalah. Lemahnya sistem informasi penagihan menyebabkan agen penagihan kesulitan untuk memantau tunggakan nasabah, sehingga menyebabkan adanya risiko tunggakan. Oleh karena itu, dibutuhkan penelitian untuk memahami pengalaman dari agen penagihan sehingga diketahui peluang – peluang desain pada sistem penagihan. Desain yang dibuat bertujuan untuk memudahkan dan mengefisiensikan pekerjaan agen penagihan. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah User Centered Design (UCD). UCD merupakan metode desain yang setiap tahapnya berfokus kepada target pengguna. Penelitian dibagi ke dalam 4 tahap yaitu pertama analisis untuk mengetahui kebutuhan dan karakteristik pengguna, kedua adalah desain untuk membuat purwarupa low fidelity dan juga purwarupa high fidelity, ketiga adalah testing yaitu menguji purwarupa. Apabila belum memenuhi kebutuhan maka proses kembali lagi ke tahap pembuatan purwarupa, tahap terakhir adalah penulisan laporan tugas akhir yaitu mendokumentasikan semua penemuan dalam penelitian dalam bentuk laporan. Hasil dari tugas akhir ini adalah dokumentasi kebutuhan dan permasalahan pengguna, desain antarmuka aplikasi, serta dokumentasi pengujian desain. Segala dokumen tersebut diharapkan menjadi acuan dalam pembuatan aplikasi penagihan yang dapat membantu pengelola koperasi untuk mengatur agen penagihan dan membantu agen penagihan untuk mengefisiensikan tugasnya, sehingga mengurangi risiko kredit bermasalah.
================================================================================================================================
One form of Microfinance Institutions (MFIs) in Indonesia is cooperatives. Cooperatives have a very fast development in Indonesia. The number of cooperatives rose by around 109.11 percent from 2000 with 103,077 units up to 2017 to 215,545. The cooperative has many functions, one of which is a savings and loan cooperative. Common problems that occur in the cooperative are credit and savings problems because members cannot pay for certain reasons. This is detrimental to the cooperative because the absence of cash flow that enters the cooperative causes a reduction in the remaining operating results. One of the causes of this can come from internal cooperatives, namely the weakness of information systems owned by cooperatives. Billing information system becomes a matter that plays an important role in reducing the risk of credit or savings problems. The weak collection information system has caused collection agencies to find it difficult to monitor delinquent customers, causing a risk of arrears. Therefore, research is needed to understand the experience of collection agencies so that design opportunities are known in the billing system. The design created aims to facilitate and streamline the work of collection agencies. The method used in this study is User Centered Design (UCD). UCD is a design method that focuses on the target users at each stage. The study was divided into 4 stages, namely the first analysis to determine the needs and characteristics of the user, the second was the design to create a low fidelity prototype and also a high fidelity prototype, the third was testing, namely testing a prototype. If it does not meet the needs, the process returns to the stage of making a prototype, the last stage is the writing of the final project report that is documenting all findings in the study in the form of reports. The results of this final project are documentation of needs and pain points of the user, application interface design, and design testing documentation. All these documents are expected to be a reference in making a billing application that can help the cooperative manager to organize collection agencies and help collection agencies to streamline their duties, thereby reducing the risk of non-performing loans.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSSI 005.74 Set p-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Koperasi, Pengalaman Pengguna, Penagihan, UCD |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.8 Productivity. Efficiency |
Divisions: | Faculty of Intelligent Electrical and Informatics Technology (ELECTICS) > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rendra Surya Setyoardi |
Date Deposited: | 11 Oct 2024 06:44 |
Last Modified: | 11 Oct 2024 06:44 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/64631 |
Actions (login required)
View Item |