Analisis dan Perancangan Ulang Proses Bisnis Untuk Mempercepat Proses Penjualan Produk Pada UMKM Giyomi.id

Wong, Kevin Widarta (2019) Analisis dan Perancangan Ulang Proses Bisnis Untuk Mempercepat Proses Penjualan Produk Pada UMKM Giyomi.id. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 05211540000054_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05211540000054_Undergraduate_Theses.pdf

Download (5MB) | Preview
[thumbnail of 05211540000054_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
05211540000054_Undergraduate_Theses.pdf

Download (5MB) | Preview

Abstract

Industri garmen merupakan salah satu sektor yang paling berpengaruh terhadap perekonomian di Indonesia. Dari tahun ke tahun, garmen merupakan salah satu penyumbang nilai yang terus meningkat dalam tingkat perekonomian global. UMKM (Usaha Kecil Mikro dan Menengah) yang bergerak di bidang garmen memberikan lapangan tenaga kerja yang cukup besar dan memiliki potensi untuk bersaing dengan perusahaan yang lebih besar. UMKM Giyomi.id merupakan UMKM garmen yang berlokasi di Kota Surabaya yang memiliki tingkat penjualan yang cukup tinggi setiap bulannya. Proses bisnis yang dimiliki adalah Make-to-Stock (MTS) dimana garmen akan diproduksi sesuai dengan rentang waktu dan ide yang dimiliki oleh tim kreatif. Selama ini proses penjualan produk yang didukung dengan penggunaan media sosial di UMKM Giyomi.id sering mengalami keterlambatan dalam memrosesnya. Hal ini berdampak pada sektor penjualan yang menyebabkan proses ini tidak berjalan dengan optimal yang pada akhirnya dapat mengurangi kepercayaan pelanggan. Untuk mengatasi permasalahan penjualan produk tersebut, dilakukan dengan pendekatan siklus hidup Business Process Management (BPM). Siklus diawali dengan melakukan tahap identifikasi proses dengan memetakan proses bisnis penjualan produk terhadap Process Classification Framework (PCF) dilanjutkan dengan pengukuran kinerja proses. Proses berikutnya adalah analisis kualitatif untuk mengidentifikasi permasalahan dan penyebab permasalahan terkait proses penjualan produk. Hasil analisis akan dipakai sebagai dasar untuk mengusulkan rancang ulang proses bisnis baru dalam bentuk to-be process. Usulan rancang ulang proses akan disimulasikan dan hasilnya dibandingkan dengan proses bisnis as-is. Simulasi akan menggunakan metode discrete-event simulation dengan menggunakan software Bizagi Modeler. Hasil tugas akhir yang diharapkan adalah usulan rancang ulang proses bisnis penjualan produk dari UMKM Giyomi.id serta perbandingan terhadap proses bisnis as-is. Usulan dari rancang ulang proses bisnis penjualan produk yang dapat meningkatkan kinerja penjualan produk adalah integrasi dan automasi dengan nilai sebesar 74.64%. Hasil ini diharapkan dapat digunakan oleh UMKM Giyomi.id untuk meningkatkan kinerja penjualan dari sisi waktu.
=================================================================================================================================
The garment industry is one of the influential sectors of the economy in Indonesia. Garment is one of the value contributors that continues to increase at the level of the global economy from year to year. MSMEs (Micro, Small and Medium Enterprises) engaged in the garment sector provide a sufficiently large workforce and have the potential to compete with larger companies. Giyomi.id is one of SME garment that located in Surabaya, which have a high level sales every month. The owned business process is Make-to-Stock (MTS), where the garment will be produced according to the time span and ideas that are owned by the creative team. During this time, the process of selling products that are supported by social medias in SME Giyomi.id often experience delays in processing. This has an impact on the sales sector which causes this process to not run optimally and also can reduce the customer’s trust. To overcome this problem, it is carried out with the Business Process Management (BPM) life cycle approach. The cycle begins with the identifying process by mapping the product sales business process to Process Classification Framework (PCF), followed by the measurement of process performance. The next process is qualitative analysis to identify problems and causes of the problems related to the product sales process. The result of the analysis will be used as a basis for proposing redesign of new business processes in the form to-be process. The proposed redesign process will be simulated and the result will be compared with the as-is business process. Simulation will use the discrete-event simulation method using Bizagi Modeler software. The expected final assignment is the proposal to redesign the business process for selling products from the SME Giyomi.id as well as comparison of the as-is business process. The redesign of the business process of product sales that can accelerate the process is integration and automation with a value of 74.64%. This result is expected to be used by the Giyomi.id to improve sales performance in terms of time.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSI 658.5 Won a-1 2019
Uncontrolled Keywords: Business Process Management, pemodelan, penjualan produk, UMKM, garmen, simulasi
Subjects: T Technology > T Technology (General)
T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
Divisions: Faculty of Information and Communication Technology > Information Systems > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Kevin Widarta Wong
Date Deposited: 06 Jun 2024 02:38
Last Modified: 06 Jun 2024 02:38
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/64639

Actions (login required)

View Item View Item