Fadhlurrohman, Ihsan (2019) Analisis Hambatan pada Float Floatplane akibat Perubahan Sudut Trim dengan Metode CFD. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04111540000063_Undergraduate_Thesis.pdf Download (7MB) | Preview |
Abstract
Indonesia merupakan negara kepulauan yang memiliki 17.504 pulau. Sebagai negara kepulauan, diperlukan sarana transportasi yang dapat menjangkau seluruh pulau terutama pulau-pulau kecil yang tidak memiliki landasan yang cukup. Floatplane dapat menjadi salah satu sarana transportasi yang baik karena floatplane dapat lepas landas dan mendarat di air dan di darat. Dalam mendesain sebuah floatplane, salah satu hal yang perlu diperhatikan yaitu hambatan pada floatplane ketika lepas landas dari air. Nilai hambatan pada floatplane ketika lepas landas harus bernilai minimal. Salah satu parameter yang dapat memengaruhi hambatan pada floatplane yaitu besar sudut trim pada float saat lepas landas. Sudut trim optimum pada float floatplane akan membuat nilai hambatan floatplane ketika lepas landas bernilai minimal. Tugas akhir ini bertujuan untuk mendapatkan sudut trim yang optimum pada float floatplane ketika lepas landas. Dalam tugas akhir ini, dilakukan simulasi menggunakan Computational Fluid Dynamics (CFD). Dalam simulasi tersebut, float dibuat tidak bergerak atau fixed-trim sehingga sudut trim tidak mengalami perubahan. Simulasi fixed-trim dilakukan karena karakteristik sudut trim pada floatplane yang cenderung stabil. Simulasi CFD dilakukan dengan tiga variasi sudut trim yaitu 2°, 5°, dan 10°. Validasi dilakukan dengan menggunakan hasil eksperimen yang telah dilakukan. Dari hasil simulasi, diperoleh hasil bahwa sudut trim memengaruhi hambatan yang terjadi pada float ketika lepas landas. Dari tiga model uji, sudut trim pada float floatplane yang paling optimum ketika lepas landas yaitu 5°. Hambatan yang terjadi pada float ketika lepas landas dengan sudut 5° lebih kecil dibandingkan sudut 2° (2.52% - 20.34%) dan 10° (49.29% - 54.87%).
===============================================================================================================================
Indonesia is an archipelago country which have 17.504 islands. As an archipelago country, means of transportation that is flexible and can reach the entire island especially small islands which do not have enough runways. Floatplane may be one of suitable transportation because floatplane can take off and land both in water and in land. In designing a floatplane, one of the things that needs to be considered is the resistance of floatplane when taking off from water. Resistance of floatplane when taking off should be minimum. One of the parameters that can affect resistance of floatplane is trim angle of float when taking off. Floatplane has trim angle characteristic that is stable when taking off. Optimum trim angle of float floatplane will make the value of resistance of floatplane when taking off lower. This Final Project goal is to find the optimum trim angle of float floatplane when taking off. In this Final Project, Computational Fluid Dynamics (CFD) simulation has been carried. In this simulation, the float is made immovable or fixed-trim so that the trim angle will not change. Fixed-trim simulation is carried because the characteristic of trim angle of floatplane is tend to be stable. In the CFD simulation, three trim angle variation will be used that is 2°, 5°, and 10°. Validation process has been carried using experiment data which had been tested. Based on the result of the simulation, trim angle affect the total resistance of the float when taking off. Optimum trim angle of float floatplane when taking off is 5°. The resistance of float when taking off with trim angle 5° is lower than trim angle 2° (2.52% - 20.34%) and 10° (49.29% - 54.87%).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 623.83 Fad a-1 2019 |
Uncontrolled Keywords: | Hambatan, Float, Floatplane, Sudut Trim, Computational Fluid Dynamics (CFD) |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Ihsan Fadhlurrohman |
Date Deposited: | 14 Mar 2024 05:06 |
Last Modified: | 14 Mar 2024 05:06 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/65025 |
Actions (login required)
View Item |