Studi Kelayakan Pembangunan Jalan Lingkar Barat - Tanggulangin Ditinjau Dari Segi Ekonomi

Bulgis, Rohmatul (2019) Studi Kelayakan Pembangunan Jalan Lingkar Barat - Tanggulangin Ditinjau Dari Segi Ekonomi. Other thesis, INSTITUT TEKNOLOGI SEPULUH NOPEMBER.

[thumbnail of 03111745000032-ROHMATUL BULGIS.pdf]
Preview
Text
03111745000032-ROHMATUL BULGIS.pdf

Download (19MB) | Preview

Abstract

Sidoarjo adalah salah satu kabupaten yang mempunyai masalah dalam kemacetan di dalam kota. Salah satu usaha yang dilakukan pemerintah dalam mempertahankan kinerja jalan yaitu membangun sarana dan prasarana perhubungan yang dapat menfasilitasi masyarakat Sidoarjo dalam melakukan perjalanan dari asal tujuan ke tempat tujuan. Sesuai dengan tata ruang wilayah (RTRW) sidoarjo akan dibangun jalan Lingkar Barat - Tanggulangin dalam program pengembangan jalan alternatif yang menghubungkan jalan utara dan selatan kabupaten. Pada perencanaan pembangunan jalan ini diharapkan dapat memberikan nilai manfaat dari adanya jalan lingkar terhadap masyarakat sekitar.
Tujuan dari tugas akhir ini adalah untuk menganalisis kelayakan pembangunan jalan Lingkar Barat -Tanggulangin dari segi ekonomi. Tahap awal dalam perencanaan kelayakan ekonomi yaitu menganalisa lalu lintas yang melewati jalan eksisting serta lalu lintas jalan rencana. Dengan cara melakukan forecasting diperlukan untuk memperkirakan biaya-biaya yang akan dikeluarkan dimasa mendatang mengunnakan metode bunga majemuk. Analisa trip assignment juga dilakukan untuk mengetahui prosentase jumlah kendaraan, yang melewati jalan eksisting serta jalan rencana menggunakan metode Smock 1962. Untuk menyelesaikan studi ini diperlukan data primer dan data sekunder dengan melampirkan data volume lalu lintas, data PDRB, PDRB perkapita serta penunjang lainya. Dalam menganalisis nilai penghematan biaya operasional kendaran (BOK) dan Nilai waktu menggunakan metode Jasa Marga. Adapun menganalisis aspek ekonomi berdasarkan paramater Benefit Cost Ratio (BCR) dan Net Present Value (NPV) sebagai acuan kelayakan.
Dari hasil analisis didapatkan nilai Penghematan biaya operasional kendaraan (BOK) jalan lingkar sebesar Rp Rp8.867.096.078,00 dan saving nilai waktu jalan lingkar sebesar Rp10.069.363.697. Adapun hasil kelayakan ekonomi dari jalan lingkar Barat-Tanggulangin didapatkan nilai BCR 1,03>1 dan NPV Rp24.842.941.583,82 > 0. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pembangunan jalan lingkar- barat tanggulangin layak secara ekonomi.
===============================================================================================================================
Sidoarjo is one of the districts that has problems in congestion within the city. One of the efforts made by the government in maintaining road performance is building transportation facilities and infrastructure that can facilitate the Sidoarjo people in traveling from destination to destination. In accordance with the spatial planning (RTRW) of Sidoarjo, the West Ring-Tanggulangin Road will be built as an alternative road development program that connects the north and south roads of the district. the construction road plan it is expected to provide value benefits from the existence of a ring road to the surrounding people.
The purpose of this final project is to analyze the feasibility of developing the West Ring Road -Tanggulangin in terms of the economy. The initial stage in planning economic viability is analyzing traffic that passes through the existing road and planned road traffic. By doing forecasting it is necessary to estimate the costs that will be incurred in the future by using the compound interest method. Trip assignment analysis was also conducted to find out the percentage of vehicles, which passed the existing road and the planned road using the 1962 Smock method. To complete this study, primary data and secondary data were needed by attaching traffic volume data, GRDP data, per capita GRDP and other supporting data. In analyzing economic value. It is done analyzing the value of vehicle operational cost savings (BOK) and time value using the Jasa Marga method. As for analyzing economic aspects based on the parameters of Benefit Cost Ratio (BCR) and Net Present Value (NPV) as a feasibility reference.
From the analysis results, the value of vehicle operating cost (BOK) of the ring road is IDR Rp8.867.096.078 and the saving value of the ring road time is IDR 10.069.363.697. As for the results of the economic feasibility of the Tanggulangin West ring road, the BCR 1,03> 1 and NPV values of IDR 24.842.941.583,82 > 0. Based on these resuts, it can be conclude of the western Tanggulangin ring road is feasible in terms of economic.

Keywords : Economy analysis, West ring road – Tanggulangin Road

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kata kunci : Analisis Ekonomi, Jalan Lingkar Barat – Tanggulangin ============================================================ Keywords : Economy analysis, West ring road – Tanggulangin Road
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Civil, Environmental, and Geo Engineering > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Theses
Depositing User: Rohmatul Bulgis
Date Deposited: 10 Jul 2024 06:50
Last Modified: 10 Jul 2024 06:50
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65082

Actions (login required)

View Item View Item