Analisa Mobilisasi pada Proyek Underwater Inspection (Studi Kasus: Proyek Inspection, Maintenance & Repair Campaign)

Akbar, Elisabeth Arlina (2019) Analisa Mobilisasi pada Proyek Underwater Inspection (Studi Kasus: Proyek Inspection, Maintenance & Repair Campaign). Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311440000051_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04311440000051_Undergraduate_Theses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Bangunan lepas pantai yang telah terpasang dan sudah beroperasi harus diperiksa secara berkala untuk keperluan sertifikasi. Jenis pemeriksaan yang dapat dilakukan adalah Inspection, Maintenance & Repair (IMR). Selain aspek engineering untuk melakukan serangkaian pemeriksaan IMR, aspek manajemen proyek pun sangat penting untuk dipertimbangkan karena seringkali terjadi keterlambatan dalam sebuah proyek. Tugas akhir ini menganalisa keterlambatan mobilisasi proyek IMR Campaign dengan menggunakan metode Critical Path Method (CPM) untuk menyusun jadwal ideal pelaksanaan proses persiapan mobilisasi dengan melakukan percepatan dan metode Time Cost Trade Off (TCTO) untuk menentukan penambahan biaya yang optimum terhadap kegiatan yang dipercepat sesuai dengan alternatif percepatannya yaitu penambahan jumlah pekerja dan penambahan jam kerja atau lembur. Dari analisa menggunakan CPM didapatkan kegiatan kritis pada proses persiapan mobilisasi yaitu mobilisasi peralatan dari warehouse menuju jetty; loading, positioning & seafastening peralatan di atas deck; instalasi peralatan diving & ROV; instalasi peralatan survei dan mobilisasi menuju site. Dari percepatan durasi didapatkan durasi ideal mobilisasi selama 7 hari dan membutuhkan biaya sebesar Rp. 953.891.250,-.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: keterlambatan proyek; inspection, maintenance & repair; critical path method; time cost-trade off
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS167 Costs, Industrial
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Elisabeth Arlina Akbar
Date Deposited: 26 Jun 2024 06:15
Last Modified: 26 Jun 2024 06:15
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/65676

Actions (login required)

View Item View Item