Kushatmaja, Randy Pradana (2019) Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Adopsi Aplikasi Edmodo Sebagai Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Technology Acceptance Model 2 (Tam 2). Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09211750053023-Master_Thesis.pdf Download (5MB) | Preview |
Abstract
Media pembelajaran berbasis elektronik sangat dibutuhkan dalam era revolusi industri 4.0 untuk kemajuan dunia pendidikan. Pembelajaran elektronik (E-Learning) seperti Edmodo memiliki peran yang sangat penting untuk mendukung praktik belajar mengajar pada universitas. Edmodo dipilih sebagai User Generated Content (UGC) yang paling efektif untuk mewakili pengguna secara langsung antara guru dengan murid. Kemudahan dan manfaat penggunaan Edmodo belum pernah di ukur sebelumnya pada Universitas Ciputra, Indonesia. Edmodo harus di analisa untuk mengetahui persepsi penerimaan dan manfaat yang dirasakan oleh pengguna. Penyebaran sampel dilakukan menggunakan kuisioner secara online sebagai metode pengumpulan data. Data yang dianalisa sebanyak 94 responden menggunakan statistik deskriptif dan analisis jalur. Data responden akan diolah menggunakan software SPSS. Technology Acceptance Model 2 (TAM 2) merupakan metode yang paling sesuai untuk menganalisa adopsi penerimaan pengguna berdasarkan konstruk. Penelitian ini menggunakan 10 konstruk yang telah disesuaikan untuk menjawab permasalahan dan berfokus pada explanatory research untuk mengukur persepsi penerimaan pengguna dengan pendekatan kuantitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa hubungan indikator tertinggi dengan nilai sebesar 35% pada variabel Kualitas Hasil (X4) yang berpengaruh signifikan terhadap Kegunaan Penggunaan (Y1); Indikator terendah memiliki nilai sebesar 7,7% pada variabel Persepsi Pandangan (X2) yang tidak berpengaruh signifikan terhadap Persepsi Kegunaan Penggunaan (Y1). Keseluruhan hasil juga menunjukkan bahwa edmodo dapat diterima oleh pengguna sebagai referensi dalam pendidikan khususnya pada skala universitas.
=================================================================================================================================
Electronic-based learning media is indispensable in the era of industrial revolution 4.0 for advance with education. Electronic learning (E-Learning) like Edmodo has a very important role to support the practice of teaching and learning at universities. In this research, we proposed Edmodo for the most effective User Generated Content (UGC) to represent users directly between teachers and students. The ease and benefits of using Edmodo have never been measured before at Ciputra University, Indonesia. The Edmodo must be analyzed to find out the level acceptance and benefits of perceived by users. We choose a sampling online method for collecting questionnaire as a data collection. The data analyzed were 94 respondents using descriptive statistics and path analysis. Each respondent data were processed using a SPSS software. Technology Acceptance Model 2 (TAM 2) is the most suitable method for analyzing adoption of user acceptance based on constructs. TAM 2 has 11 constructs that focus on explanatory research to measure perceptions of user acceptance with a quantitative approach. The results of the study show that the relationship of the highest indicator with a value of 35% on the variables perceived ease of use with perceived usefulness variables; The lowest indicator has a value of 7.7% in the perception of view with the intention to use variable. Other results also showed that Edmodo was accepted by the users for the reference in education, especially at the university scale.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | RTMT 006.7 Kus a-1 |
Uncontrolled Keywords: | E-Learning, Edmodo, Technology Acceptance Model 2, Persepsi penerimaan pengguna. |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Business and Management Technology > Management Technology > 61101-(S2) Master Thesis |
Depositing User: | Randy Pradana Kushatmaja |
Date Deposited: | 26 Mar 2025 03:27 |
Last Modified: | 26 Mar 2025 03:27 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/66581 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |