Re-Desain Interior Stasiun Madiun dengan Konsep Future Station dan Penerapan Brand Kota Madiun

Brahmanisloka, Vriskha (2019) Re-Desain Interior Stasiun Madiun dengan Konsep Future Station dan Penerapan Brand Kota Madiun. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08411540000013-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08411540000013-Undergraduate_Theses.pdf

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of 08411540000013-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08411540000013-Undergraduate_Theses.pdf

Download (14MB) | Preview
[thumbnail of 08411540000013-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08411540000013-Undergraduate_Theses.pdf

Download (14MB) | Preview

Abstract

Saat ini, pemerintah Indonesia sedang gencar melakukan pembangunan infrastruktur transportasi umum untuk mendorong peningkatan dan pemerataan ekonomi nasional di setiap daerah. Dan selama beberapa tahun terakhir, pengguna transportasi umum setiap tahunnya dinilai mengalami peningkatan, salah satunya pada transportasi kereta api. Oleh karena itu, pemerintah melakukan strategi pembangunan nasional untuk meningkatkan fasilitas sarana dan pra sarana transportasi umum. Pada bidang perkeretaapian pemerintah melalukan 23 proyek pembangunan, salah satunya pengadaan jalur ganda di lintas selatan Jawa dengan trayek Jakarta – Surabaya Gubeng. Stasiun Madiun merupakan salah satu bagian dari perusahaan PT. Kereta Api Indonesia (Persero) yang berada di Kota Madiun. Stasiun Madiun sebagai satu-satunya stasiun kelas besar di DAOP VII yang melayani keberangkatan dan kedatangan kereta api dari jalur utara, selatan, dan timur di Jawa. Terjadinya pembangunan jalur ganda mengakibatkan bertambahnya jumlah kereta api yang akan melintasi Stasiun Madiun sehingga akan mempengaruhi jumlah penumpang dan pegawai di Stasiun Madiun. Oleh karena itu, dibutuhkannnya pengembangan desain Stasiun Madiun guna memenuhi kebutuhan pengguna mendatang yang selaras dengan aspek lingkungan dan budaya setempat. Tujuan dari tugas akhir “Re-Desain Interior Stasiun Madiun dengan Konsep Future Station dan Penerapan Brand Kota Madiun” merupakan sebuah solusi dari permasalahan Stasiun Madiun saat ini. Dengan konsep future stasion dapat meningkatkan aksesibilitas, mobilitas, dan sustainabilitas dengan user oriented dalam Stasiun Madiun. Desain akhir menerapkan branding Kota Madiun dalam stasiun dengan dikombinasikan dengan branding perusahaan KAI sehingga dapat membantu meningkatkan daya tarik masyarakat dalam memakai kereta api dan memberikan identitas stasiun sesuai lokalitas setempat.
=================================================================================================================================
Nowadays, Indonesian government is under working to develop the infrastructures of public transportion to encourage the improvement and equitable of national economy in each region. During the last time, users of public transportation having increased in every year, one is train. Therefore, the government is conducting national development strategy to enhance the facilities of public transportation. In railways, government have 23 development projects, one of them is a double-track project across the South of Java with Jakarta-Surabaya Gubeng route. Madiun Station is one part of PT Kereta Api Indonesia (Persero) in Madiun. Madiun Station as the one great class of DAOP VII that serving the arrival and departure of trains from north, south, and east track in Java. The development of double-track effects the number of passengers and staffs in Madiun Station. Therefore, Madiun Stasion need to develop its design to fulfil user needs according to the environment and local culture. The purpose of final project “Re-Design Interior Madiun Station Interior by Future Station Concept and implementing Madiun Brand City” is a solution of the problems in Madiun Station. With future station concept can help to improve accessibility, mobility, and sustainability by user oriented of Madiun Station. On the final design, the implementation of Madiun’s branding will combine with KAI company’s branding to improve the appeal of society for using train and as station identity according to local locatity.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSDI 725.31 Bra r-1 2019
Uncontrolled Keywords: Stasiun Madiun, Branding, Kota Madiun, Future Station
Subjects: N Fine Arts > NA Architecture > NA2542.36 Sustainable architecture
N Fine Arts > NA Architecture > NA7115 Domestic architecture. Houses. Dwellings
T Technology > TF Railroad engineering and operation > TF270 Railway structures and buildings
Depositing User: Vriskha Brahmanisloka
Date Deposited: 30 May 2024 04:30
Last Modified: 30 May 2024 04:30
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/66653

Actions (login required)

View Item View Item