Kusumaningtyas, Raras Ari (2019) Evaluasi dan Perkuatan Struktur Dermaga Teluk Lamong akibat Peningkatan Bobot Kapal. Diploma thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
10111510000068-Undergraduate_Theses.pdf Download (8MB) | Preview |
Abstract
Sangat dibutuhkan suatu tindakan untuk meningkatkan pelayanan kapal agar semua kebutuhan ekspor dan impor dapat terlaksana dengan baik yaitu salah satu caranya dengan meningkatkan bobot kapal yang akan bertambat di Terminal Teluk Lamong.
Terminal Teluk Lamong berfungsi sebagai dermaga curah kering yang berukuran 30m x 250 m. Konstruksi dermaga Teluk Lamong adalah Jetty dengan jumlah kapal sandar sebanyak 2 buah yaitu sisi darat dan sisi laut. Untuk dermaga sisi darat memiliki fasilitas sandar dan tambat kapal curah kering dengan ukuran kapal 10.000 DWT, sementara dermaga sisi laut memiliki fasilitas sandar dan tambat kapal curah kering dengan ukuran kapal 60.000-150.000 DWT. Dalam tugas akhir ini bobot kapal akan dinaikkan menjadi 50.000 DWT untuk yang sisi darat.
Dalam pengerjaan tugas akhir ini akan dilakukan perhitungan beban kondisi eksisting dan rencana lalu dilakukan permodelan dengan menggunakan software SAP2000 lalu dilakukan evaluasi struktur eksisting dan struktur setelah ditingkatkan, dan perhitungan perkuatan struktur dermaga. Adapun elemen yang akan dilakukan evaluasi yaitu pelat, balok, pile cap dan pondasi tiang pancang.
Hasil yang didapatkan setelah analisis permodelan yaitu tiang pancang yang mengalami overstressed karena tidak mampu menahan beban lateral akibat gempa. Oleh karena itu dilakukan perkuatan yaitu menggunakan bracing agar dapat menambah kekakuan tiang pancang sehingga dapat menahan beban lateral.
==============================================================================================================================
An action is needed to improve ship service so all export and import can be carried out properly, one of the ways is by increasing the weight of vessels that will lean on Teluk Lamong Terminal.
Teluk Lamong Terminal serves as a dry bulk dock with size of dock is 30 m x 250 m. The construction of the Teluk Lamong dock is a Jetty with a total of 2 berth ships, namely the land and sea side. For land side docks, it has facilities for berthing and mooring dry bulk vessels with a size of 10,000 DWT, while sea-side docks have facilities for dry bulk berthing and mooring with a size of 60,000-150,000 DWT. In this final project the ship's weight will be enhancements to 50,000 DWT for the land side.
In this final project will calculate the existing conditions and plan the modeling using SAP2000 software then evaluate the existing structure and structure after increasing, and calculate the strengthening of the failure structure. The elements that will be evaluated are plate, beam, pile cap and pile foundation.
The results after modeling analysis are piles that are overstressed because they are unable to bear lateral loads due to the earthquake. Therefore, strengthening is done by using bracing to increase stiffness so that it can bear lateral loads.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Dermaga, Jetty, Perkuatan Struktur, Bracing |
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA645 Structural analysis (Engineering) T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA658 Structural design |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22301-(D4) Diploma 4 |
Depositing User: | Kusumaningtyas Raras Ari |
Date Deposited: | 09 Jul 2024 08:43 |
Last Modified: | 09 Jul 2024 08:43 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/67195 |
Actions (login required)
View Item |