Model Evaluasi Efisiensi Dan Efektivitas Tol Laut

Septiadi, Dola (2019) Model Evaluasi Efisiensi Dan Efektivitas Tol Laut. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04411540003041_Undergreduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04411540003041_Undergreduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Tol Laut pada prinsipnya adalah progam pemerintah yang menyediatan layanan transportasi laut secara reguler untuk pengangkutan muatan berupa kontainer dan muatan umum. Program ini telah berjalan dari tahun 2016, hingga saat ini program ini telah berjalan selama 3 (tiga) tahun. Selama program ini berjalan jumlah subsidi yang dianggarkan oleh pemerintah dalam menunjang program ini terus meningkat, tahun 2016 jumlah subsidi Tol Laut sebesar Rp. 219 Milyar, dan di tahun 2018 jumlahnya meningkat sebesar 204% dibandingkan tahun 2016 menjadi Rp. 447 Milyar. Dengan jumlah anggaran subsidi yang cukup besar maka evaluasi perlu dilakukan terhadap kinerja program tol laut. Oleh karena itu Tugas Akhir ini akan membahas tentang analisis kriteria dan pembentukan model evaluasi efisiensi dan efektivitas program Tol Laut. Untuk mengukur efisiensi digunakan Metode Data Envelopment Analysis (DEA) dengan biaya angkut, frekuensi dalam satu tahun, waktu/roundtrip, load factor dan jumlah muatan terangkut sebagai kriteria. Sedangkan untuk mengukur nilai efektivitas menggunakan dengan metode Principal Component Analysis (PCA), dengan biaya angkut, frekuensi dalam satu tahun, load factor dan disparitas harga yang digunakan sebagai kriteria penilaian. Hasil analisis menunjukkan kondisi saat ini untuk trayek T – 6 , T – 14, dan T – 15 sudah efektif namun belum efisien (dengan kondisi pemerintah memberikan subsidi). Untuk masing masing trayek akan efisien dengan mengubah pola operasi untuk masing – masing trayek sebagai berikut, Trayek T – 6 pola operasi Hub – Spoke (nilai efisiensi 1,247), untuk trayek T – 14 adalah Multiport Circle (nilai efisiensi 1,194), dan untuk trayek T – 15 adalah Multiport Circle (nilai efisiensi 1,079). ===============================================================================================================================
Based on its principle, Tol Laut is a government program that provides regular sea transportation services for cargo transport in the form of containers and general cargo. This program has been running from 2016, until now this program has been running for 3 (three) years. As long as the program runs, the amount that has been subsidized by the Government in supporting the program continues to increase. In 2016 the amount of subsidy was Rp. 219 billion, and in the year 2018 the number increased by 204% compared to the year 2016 which was Rp. 447 billion. With a substantial amount of budget subsidies, the evaluation needs to be done against the performance of Tol Laut program. Therefore, this final project discusses about the analysis of the criteria and the formation of evaluation model of efficiency and effectiveness of the Tol Laut program. To measure the efficiency is by using Data Envelopment Analysis (DEA) method with the cost of transport, frequency in one year, time/roundtrip, load factor and the amount of load carried as a criterion. As for measuring the value of effectiveness, is by using the Principal Component Analysis (PCA) method, with the cost of transport, frequency in one year, the load factor and the disparity of the price used as valuation criteria. The results of the analysis indicate the current conditions for the T – 6, T – 14, and T – 15 routes are effective but not yet efficient (with the government subsidizing conditions). For each route will be efficient by changing the operating pattern for each of the following routes, the route T – 6 operating scheme Hub – Spoke (efficiency score 1,247), for the T – 14 route is the Multiport Circle (efficiency score 1,194), and for the T – 15 route is the Multiport Circle (efficiency score 1,079).

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Efisiensi, Evaluasi, Program Tol Laut
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Sea Transportation Engineering > 21207-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Septiadi Dola
Date Deposited: 04 Sep 2024 02:22
Last Modified: 04 Sep 2024 02:22
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/67291

Actions (login required)

View Item View Item