Studi Perencanaan dan Implementasi Sistem Asuransi Kapal Ikan Tradisional ≤ 200 GT

Altariq, Reyhan Amal (2019) Studi Perencanaan dan Implementasi Sistem Asuransi Kapal Ikan Tradisional ≤ 200 GT. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04111540000001-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04111540000001-Undergraduate_Theses.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Asuransi untuk kapal ikan di Indonesia masih sangat minim khususnya untuk kapal ikan dengan ukuran ≤200 GT. Hal ini disebabkan oleh belum adanya acuan atau sistem yang jelas untuk mengakseptasi sekaligus menilai harga premi kapal ikan. Faktor lain dari minimnya asuransi kapal ikan adalah karena perusahaan asuransi menganggap bahwa kapal ikan memiliki risiko yang sangat tinggi pada saat beroperasi. Oleh karena itu dilakukan penelitian yang memiliki tujuan untuk mengidentifikasi risiko pengoperasian kapal ikan dan pembuatan system untuk asuransi kapal ikan tersebut. Langkah pertama yang dilakukan adalah dengan mengidentifikasi risiko serta menghitung risiko yang paling ekstrim dan harus dimitigasi pada proses pengoperasian kapal ikan. Terdapat empat risiko dengan nilai RPN (risk priority number) tertinggi dengan nilai 20 dan masuk dalam kategori ekstrim. Risiko tersebut adalah kerusakan struktur kapal akibat api, kurangnya alat pemadam kebakaran pada kapal, kurangnya pelatihan penanggulangan kebakaran, dan kurangnya pengetahuan pengoperasi kapal terhadap bahaya api. Tahapan dalam asuransi kapal ikan meliputi roses akseptasi asuransi kapal ikan dimana dalam proses akseptasi terdapat proses analisa awal kapal ikan, penentuan harga pertanggungan, analisa dokumen kapal ikan, penentuan condition dan clauses untuk kapal ikan. Tentunya terdapat perhitungan premi yang harus dibayarkan oleh pemilik kapal terhadap asuransi sebesar 1,150% dari harga pertanggungan. Tahapan terakhir dalam sistem asuransi kapal ikan adalah proses klaim asuransi kapal ikan jika terjadi kecelakaan. Proses ini memerlukan pihak ketiga diantara lain adalah independen surveyor untuk memberikan arahan teknis dan average adjuster untuk memberikan arahan hukum terkait polis.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Risiko, Kapal Ikan, Asuransi Kapal
Subjects: V Naval Science > V Naval Science (General)
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering
V Naval Science > VM431 Fishing boats
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: reyhan amal altariq
Date Deposited: 14 Jun 2024 01:33
Last Modified: 14 Jun 2024 01:34
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/67416

Actions (login required)

View Item View Item