Masroeri, Noriko Agnita (2019) Analisis Sikap dan Preferensi Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Produk Oleh-oleh Khas Surabaya: Studi Kasus pada Food Souvenir. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
09111540000073_Undergraduate_Theses.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Pada beberapa tahun terakhir, industri pariwisata merupakan salah satu industri yang sedang berkembang di Indonesia. Hal ini menjadi peluang besar bagi perusahaan yang bergerak dibidang penyedia produk oleh-oleh. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengkaji atribut food souvenir yang paling dipertimbangkan, serta sikap, dan preferensi konsumen dalam pemilihan produk food souvenir. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode konklusif deskriptif dengan pengambilan sampel multiple cross-sectional. Pengumpulan data dilakukan dengan cara penyebaran kuesioner secara online dengan metode self-administered kepada 321 responden yang memiliki kriteria pernah membeli produk oleh-oleh di Surabaya dalam kurun waktu enam bulan terakhir. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif, Cochran Q test, Chi Square (X2), multiatribut Fishbein dan Conjoint. Temuan utama dari penelitian ini adalah atribut rasa merupakan atribut yang paling penting dan dipertimbangkan oleh konsumen pada saat membeli produk oleh-oleh pada analisis fishbein. Sedangkan pada analiss Conjoint memperlihatkan bahwa responden lebih menyukai produk makanan ringan yang dijual di toko sendiri dengan harga di bawah Rp50.000. Implikasi manajerial dapat diaplikasikan oleh pemasar produk oleh-oleh di Surabaya untuk meningkatkan penjualan dan membuat produk baru yang dimodifikasi dari makanan tradisional namun dikemas modern sesuai dengan sikap dan preferensi konsumen sehingga konsumen tidak merasa bosan dan produk berbeda dengan para pesaing.
====================================================================================================================================
In the last few years, the tourism industry is one of the developing industries in Indonesia. This has become a great opportunity for companies engaged in providing souvenir products. This research was conducted with the aim to examine the food souvenir attributes that are most considered, as well as the attitudes, and preferences of consumers in the selection of food souvenir products. The research design used in this study is a conclusive descriptive method with multiple crosssectional sampling. Data collection is done by distributing questionnaires online with self-administered methods to 321 respondents who have criteria for buying souvenir products in Surabaya in the past six months. Data analysis in this study used descriptive analysis, Cochran Q test, Chi Square (X2 ), multi-attribute Fishbein and Conjoint. The main finding of this study is that taste attributes are the most important attributes and are considered by consumers when buying souvenir products in Fishbein analysis. Meanwhile, Analysis Conjoint showed that respondents preferred snack products sold in their own stores at prices below IDR 50,000. Managerial implications can be applied by marketers of souvenir products in Surabaya to increase sales and make new products modified from traditional food but packaged in modern accordance with consumer attitudes and preferences so that consumers do not feel bored and products are different from competitors.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSMB 658.834 2 Mas a-1 |
Uncontrolled Keywords: | Food Souvenir, Oleh-oleh, Surabaya, Fishbein, Conjoint |
Subjects: | H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.28 Planning. Business planning. Strategic planning. |
Divisions: | Faculty of Business and Management Technology > Business Management > 61205-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Masroeri Noriko Agnita |
Date Deposited: | 08 Apr 2025 06:56 |
Last Modified: | 08 Apr 2025 06:56 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/67805 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |