Ramadhan, Griselda Gian (2019) Desain Interior Galeri Keramik F. Widayanto Dengan Konsep One Stop Services Bergaya Natural Modern Dengan Aplikasi Karakter Khas F. Widayanto. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08411540000007-Undergraduated_Theses.pdf Download (4MB) | Preview |
Abstract
Menurut data ASAKI, di tahun 2017 pertumbuhan produksi keramik di dalam negri mencapai 380 juta m2 per tahun, sedangkan pasar impor meningkat sebanyak 22%. Oleh karen itu, ASAKI mengajak industriawan keramik untuk turut mendorong industri keramik agar dapat menciptakan lapangan pekerjaan dan mempertahankan citra Indonesia di mata dunia. (Hendra, 2018). Di Kota Surabaya masih belum memiliki tempat yang mewadahi komunitas – komunitas terutama penderita difabel untuk berkumpul, selain itu mewadahi masyarakat untuk mengenal kesenian keramik. Maka dari itu dibuatlah sebuah Galeri Keramik F. Widayanto yang akan menjawab permasalahan tersebut. Sebagai galeri keramik di Kota Surabaya yang dapat menjadi fasilitas yang memadai dan dapat mengedukasi bagi masyarakat. Selain hal tersebut galeri ini juga meperhatikan lingkungan agar dapat mendukung kegiatan pengunjung. Suasana dalam galeri yang terkenal sangat membosankan dapat diubah menjadi galeri yang nyaman dan edukatif sehingga informasi yang disampaikan dapat terserap dengan maksimal. Berangkat dari permasalahan – permasalahan tersebut, penulis akan mengoptimalkan melalui pendekatan desain interior galeri yang ada di Surabaya dan sekitarnya. Dengan mendesain sebuah galeri yang menghadirkan konsep desain interior “One Stop Services” dengan langgam “Natural Modern”, diharapkan dapat memberikan suasana yang baru dan berbeda dengan galeri yang ada. Dengan menghadirkan konsep tersebut, diharapkan galeri ini akan menjadi salah satu destinasi wisata serta edukasi bagi masyarakat. Metodologi desain yang digunakan meliputi pengumpulan data yang dilakukan seecara langsung maupun tidak langsung. Data primer diperoleh melalui survey langsung dan observasi di beberapa galeri yang ada di Surabaya, Jakarta, dan Bandung untuk membandingkan kondisi di berbagai tempat. Selain itu metode yang dx`igunakan adalah wawancara dan analisa kuisioner yang bertujuan untuk mengetahui keinginan dan harapan dari pengunjung galeri ini nantinya. Data sekundr diperoleh melalui berbagai sumber dari buku maupun jurnal sebagai data pelengkap.
====================================================================================================================================
According to ASAKI data, in 2017 the growth of ceramic production in the country reached 380 million m2 per year, while the import market increased by 22%. Because of that, ASAKI invites ceramics industry to contribute to the ceramics industry in order to create jobs and maintain the image of Indonesia in the eyes of the world (Hendra, 2018). In the city of Surabaya, it still does not have a place that accommodates communities - especially those with disabilities to gather, besides that it accommodates people to get to know ceramic arts. So from that made a Gallery Ceramics F. Widayanto which will answer the problem. As a ceramic gallery in the city of Surabaya which can be an adequate facility and can educate the community. In addition to this, the gallery also takes care of the environment in order to support visitor activities. The atmosphere
in the gallery that is famous for being very boring can be transformed into a comfortable and educational gallery so that the information delivered can be absorbed to the
maximum. Departing from these problems, the author will optimize through the gallery's interior design approach in Surabaya and its surroundings. By designing a gallery that
presents the "One Stop Services" interior design concept with the "Natural Modern" style, it is expected to provide a new and different atmosphere from the existing gallery. By presenting this concept, it is hoped that this gallery will become one of the tourist destinations and education for the community. The design methodology used includes direct and indirect data collection. Primary data is obtained through direct surveys and observations in several galleries in Surabaya, Jakarta and Bandung to compare conditions in various places. Besides that the method used is interview and questionnaire analysis which aims to find out the wishes and expectations of visitors to this gallery later. Sekunder data is obtained through various sources from books and journals as supplementary data.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Additional Information: | RSDI 727 Ram d-1 |
Uncontrolled Keywords: | Galeri Keramik F. Widayanto, Modern, Natural, One Stop Services. |
Subjects: | N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115.5.F77 Furniture N Fine Arts > NK Decorative arts Applied arts Decoration and ornament > NK2115 Interior decoration |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Interior Design > 90221-(S1) Undergraduate Theses |
Depositing User: | Griselda Gian Ramadhan |
Date Deposited: | 09 Apr 2025 06:08 |
Last Modified: | 09 Apr 2025 06:08 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/67993 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |