Pengembangan Rancangan Sistem Pengereman Pada Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut Turbin Sumbu Vertikal

Hidayat, Fauzi Imam (2019) Pengembangan Rancangan Sistem Pengereman Pada Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut Turbin Sumbu Vertikal. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211745000015-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211745000015-Undergraduate_Theses.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

Pembuatan PLTAL (Pembangkit Listrik Tenaga Arus Laut) yang bertempat di Selat Topayakeh Nusa Penida Bali, merupakan salah satu inovasi yang dilakukan untuk mengurangi penggunaan bahan bakar fosil yang digunakan untuk menggerakkan turbin yang nantinya menghasilkan listrik.Desain turbin PLTAL memiliki mekanisme sistem pengereman untuk mempertahankan komponen agar mampu bertahahan terhadap arus laut yang berlebihan dan untuk menjaga putaran pada poros agar dapat bekerja pada titik aman saat terdapat arus yang berlebihan, serta dapat menghentikan putaran poros ketika terjadi keadaan emergensi. Gaya pengereman yang digunakan untuk menghentikan putaran turbin dalam waktu 5 detik sebesar 5593,72 N pada salah satu permukaan kampas rem yang memiiki luasan 56,12 cm2. Piringan rem cakram dirancang dengan diameter 335 mm dengan bahan cast carbon stell yang memiliki ketahanan akan lingkungan korosif. Dalam merencanakan komponen sistem pengereman pada penelitian ini menggunakan metode FEM (Finite Element Method) , metode ini adalah salahsatu metode numerik dengan cara membagi objek kedalam elemen-elemen kecil. Hasil penelitian menunjukan bahwa tegangan von misses (σ) pada komponen flange hub sebagai dudukan disc brake sebesar 37,007 MPa, pada bagian poros yang terdapat rumah pasak tegangan maksimum yang muncul sebesar 50,243 MPa, sedangkan pada komponen piringan cakram nilai tegangan maksimum yang muncul sebesar 24,088 MPa. Mengacu pada ABS tingkat keamanan dari material semua komponen dapat kategorikan aman karna memiliki nilai σ desain actual ≤ σ material yang dizinkan.
=================================================================================================================================
Floating platform marine current energy drivetrain, which located in the Nusa Penida Strait, Topayakeh Bali, is one of the innovations of renewable energy to reduce the use of fossil fuels used to drive turbines which will produce electricity. The design of PLTAL has a braking system mechanism to maintain the components in order to be able to endure excessive ocean currents and to maintain rotation on the shaft so that it can work at a safe point when there is excessive current, and can stop rotating the shaft when an emergency occurs. The braking force / clamping force used to stop the turbine rotation in 5 seconds is 5593.72 N in one surface of the brake lining which has an area of 56.12 cm2. The Disc brake designed with diameter 335 mm with cast carbon stell material that has a resistance to corrosive environments. In planning the braking system components in this study using the FEM (Finite Element Method) method, this method is one of the numerical methods by dividing objects into small elements. The results showed that the maximum value von misses stress (σ) in the flange hub component as a disc brake holder 37.007 MPa, in the shaft section there were key house the maximum value of von misses stress (σ) 50,243 MPa, while at the disc brake the maximum value of von misses stress (σ) 24,088 MPa. Referring to ABS Class the level of the material of all components can be categorized as safe because it has the value of actual design σ ≤ σ permitted material.

Item Type: Thesis (Other)
Additional Information: RSSP 621.406 Hid p-1 2019
Uncontrolled Keywords: PLTAL, Turbin Arus Laut Sumbu Vertikal, Sistem Pengereman, Disc Brake, Brake Pads, Solidwork, Finite Element Method.
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T57.62 Simulation
T Technology > TS Manufactures > TS170 New products. Product Development
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Mr Fauzi Imam Hidayat
Date Deposited: 25 Jun 2024 02:23
Last Modified: 25 Jun 2024 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68685

Actions (login required)

View Item View Item