Perencanaann Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi Ditinjau dari Segi Kelayakan Ekonomi dan Finansial

Putri, Ervita Rizki (2019) Perencanaann Jalan Tol Probolinggo - Banyuwangi Ditinjau dari Segi Kelayakan Ekonomi dan Finansial. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 03111540000143-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
03111540000143-Undergraduate_Theses.pdf

Download (4MB) | Preview

Abstract

Dalam perencanaan pembangunan Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi diperlukan pertimbangan kelayakan dari segi ekonomi maupun finansial. Pertimbangan ekonomi dibutuhkan untuk mengetahui manfaat dari adanya Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi terhadap masyarakat sekitar, sedangkan pertimbangan finansial dibutuhkan sebagai acuan dalam investasi agar jalan tol tersebut merupakan perencanaan yang efisien Oleh karena itu perlu dilaksanakan Tugas Akhir Perencanaan Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi Ditinjau Dari Segi Kelayakan Ekonomi dan Finansial. Pada Tugas Akhir ini akan dianalisis volume lalu lintas yang melewati jalan eksisting serta volume lalu lintas rencana yang akan melewati jalan tol yang dibangun nantinya dengan cara melakukan forecasting untuk memperkirakan jumlah kendaraan pada tahun mendatang. Analisis trip assignment juga dilakukan untuk mengetahui persentase jumlah kendaraan yang melewati jalan eksisting serta jalan tol dengan menggunakan Metode JICA I. Kelayakan ekonomi dan finansial dilakukan dengan menganalisis Biaya Operasional Kendaraan (BOK) dan nilai waktu (time value) jalan tol dengan Metode Jasa Marga. Parameter yang digunakan untuk menganalisis ekonomi adalah BCR dan NPV. Sedangkan untuk menganalisis aspek kelayakan finansial menggunakan parameter BCR, NPV, dan IRR. Dari hasil analisis didapatkan untuk kelayakan ekonomi BCR sebesar 1,756 > 1 dan nilai NPV sebesar Rp. Rp. 6.670.724.923.928,70 > 0. Untuk kelayakan finansial didapatkan nilai BCR sebesar 1,680 > 1, nilai NPV sebesar Rp. 24.003.749.356.199,40> 0 dan nilai IRR sebesar 8,003% > 5,01% (MARR). Serta waktu Payback Period selama 27 tahun 8 Bulan 11 hari. Berdasarkan hasil tersebut maka dapat disimpulkan pembangunan Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi layak dari segi ekonomi dan finansial.
==============================================================================================================================
Probolinggo - Banyuwangi Toll Road needs economic and financial feasibility considerations. Economic consideration is needed to determine the benefits of the Probolinggo - Banyuwangi Toll Road to the surrounding community, while financial consideration is needed as a reference for investment in order to to make the toll road an efficient planning. Therefore it is necessary to carry out the Planning of Probolinggo - Banyuwangi Toll Road in terms of Economic and Financial Feasibility. In this final project, the traffic volume on the existing road and also the expected traffic volume that will pass the new Toll Road will be analyzed using forecasting to obtain the road traffic volume by the future year. Trip assignment analysis is also used to estimate the percentage of vehicle number passing existing road and new Toll Road using JICA I Method. The economic and financial feasibility was carried out by analyzing Vehicle Operating Costs (BOK) and Time Values of Toll Road using Jasa Marga Method. The parameters used to analyze the economy are BCR and NPV. While the parameters used to to analyze the financial feasibility are BCR, NPV, and IRR. From the analysis result, it obtained for economic feasibility of BCR is 1,756> 1 and NPV is Rp. Rp. 26.670.724.923.928,70> 0. For the financial feasibility, the BCR is 1.680> 1, the NPV is Rp. 24.003.749.356.199,40> 0 and IRR is 7.974%> 5.01% (MARR). And also the payback period time is 27 years 8 Months and 11 days. Based on these results, it can be concluded that the construction of the Probolinggo - Banyuwangi Toll Road is feasible in terms of economic and financial.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Analisis Kelayakan, Ekonomi, Finansial, Jalan Tol Probolinggo – Banyuwangi
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Ervita Rizki Putri
Date Deposited: 12 Jul 2024 06:29
Last Modified: 12 Jul 2024 06:29
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68736

Actions (login required)

View Item View Item