Analisis Kelelahan Anchor Chain Pada Single Point Mooring FSO Arco Ardjuna

Deryantono, Hafidz (2019) Analisis Kelelahan Anchor Chain Pada Single Point Mooring FSO Arco Ardjuna. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04311540000053 - Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
04311540000053 - Undergraduate_Thesis.pdf

Download (3MB) | Preview

Abstract

FSO (Floating Storage and Offloading) merupakan struktur terapung yang berfungsi sebagai media penerimaan, penyimpanan, maupun penyaluran hidrokarbon dari suatu ladang minyak dan gas bumi. Pada operasionalnya FSO akan dikenai beban lingkungan yang mengakibatkan perilaku dinamis struktur tersebut, maka dari itu diperlukan suatu sistem tambat untuk mengurangi gerakan dan menjaga supaya FSO tetap pada posisi dan kondisi seimbangnya. Sistem tambat tersebut perlu dilakukan analisis mengenai umur kelelahannya untuk memenuhi kriteria keselamatan. Dalam Tugas Akhir ini dilakukan analisis mengenai kelelahan anchor chain pada SPM (Single Point Mooring) bertipe CALM (Catenary Anchored Leg Mooring) Buoy yang menambat FSO Arco Ardjuna menggunakan metode Combined Spectrum Approach dengan pendekatan kurva T-N. Dengan mengetahui perilaku gerak antara SPM dan FSO AA akibat beban lingkungan pada kondisi terapung bebas, dan melakukan simulasi time-history akan didapatkan nilai tension range tertinggi pada mooringline dari beberapa konfigurasi pembebanan. Tension range akan digunakan untuk menghitung jumlah siklus kegagalan yang didapatkan dari kurva T-N. Sehingga akan didapatkan umur kelelahan dari anchor chain. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa konfigurasi pembebanan yang mengalami tension range maksimum adalah Inline-Lightload dengan nilai standard deviasi 146,893 kN. Dengan konfigurasi pembebanan tersebut diperoleh umur kelelahan dari anchor chain paling pendek dialami oleh Chain 1 selama 38 tahun dengan safety factor senilai 3.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Anchor Chain, Single Point Mooring, CALM Buoy, Floating Storage and Offloading, Tension, Fatigue Life
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC1680 Offshore structures
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Ocean Engineering > 38201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Hafidz Hafidz Deryantono
Date Deposited: 24 Jun 2024 05:43
Last Modified: 24 Jun 2024 05:43
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/68792

Actions (login required)

View Item View Item