Kumala, Rainida (2019) Analisa Pengaruh Perubahan Divergent Propeller Hub Cap Dari Propeller C4-40 Dengan Pendekatan Metode CFD. Other thesis, Intitut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
04211745000023_Undergraduate_Theses.pdf Download (12MB) | Preview |
Abstract
Propeller atau yang disebut baling-baling kapal merupakan suatu system penggerak yang dapat memindahkan kapal dari tempat satu ke tempat yang lainnya. Energi saving device (ESD) diciptakan dengan tujuan penggunaan secara efisiensi dimana penggunaan manfaat yang diperoleh dengan menggunakan energy lebih sedikit.
Tujuan dari penelitian ini adalah merubahan divergent propeller hub cap untuk mengetahui perubahan efisiensi, torsi, gaya dorong dan perubahan aliran fluida pada propeller dengan merubah sudut dan panjang divergent hub cap. Penelitian awal dengan menentuan dimensi propeller. Langkah selanjutnya menggambar dimensi propeller yang kemudian merubah panjang dan sudut divergent hub cap dengan beberapa variasin (5o, 6o, 7o, 8o, 9o, 10o). Langkah terakhir dengan menganalisa performa propeller dengan menggunakan software CFD. Hasil penambahan performa thrust yang paling optimum adalah pada percobaan ke 5 pada J 0.8 divergent 90, menghasilkan thrus sebesar (2.337 %) dibanding dengan variasi divergent yang lain. Hasil penambahan performa torsi yang paling optimum adalah pada percobaan ke 6 pada J 1.4 divergent 100, menghasilkan thrus sebesar (5.963 %). Hasil penambahan performa efisiensi yang paling optimum adalah pada perceboaan ke 2 pada J 0.8 divergent 60, menghasilkan efisiensi sebesar (1.226 %).===============================================================================Propellers or so-called ship propellers are a driving system that can be moved from one place to another. Energy Savings Devices (ESD) are made with the aim of efficient use where the use of benefits obtained by using less energy.
The purpose of this study is to change divergent vane cap hubs to look for changes in efficiency, force, thrust and changes in fluid flow in the propeller by changing the angle and length of the diverging cap hub. Preliminary research conducted by determining the dimensions of the propeller. The next step is to draw the propeller dimension which then changes the diverging length and angle of the cap hub with several variations. (5o, 6o, 7o, 8o, 9o, 10o). The final step is to analyze propeller performance by using CFD software. The results improve the most optimal performance in the 5th experiment at J 0.8 divergent 90, resulting in thrust of (2.333%) compared to other divergent variations. The optimal results were obtained in the 6th experiment on J 1.4 divergent 100, resulting in thrust of (5.963%). The most optimal result of increasing efficiency is at the second rafting at J 0.8 divergent 60, resulting in an efficiency of (1,226%).
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Propeller , Divergent Propeller Hub Cap, Computational Fluid Dynamics (CFD) |
Subjects: | T Technology > T Technology (General) > T58.5 Information technology. IT--Auditing |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Rainida Vinka Kumala |
Date Deposited: | 14 Jun 2024 00:39 |
Last Modified: | 14 Jun 2024 00:39 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/69000 |
Actions (login required)
View Item |