Kajian EEDI (Energy Efficiency Design Index) Pada Konversi Kapal Tongkang Menjadi SPOB Untuk Mengangkut BBM Dari Gresik Ke Pulau Bawean

Yuliono, Dicky Andrean (2019) Kajian EEDI (Energy Efficiency Design Index) Pada Konversi Kapal Tongkang Menjadi SPOB Untuk Mengangkut BBM Dari Gresik Ke Pulau Bawean. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Skripsi 1-3 baru final upload.pdf]
Preview
Text
Skripsi 1-3 baru final upload.pdf

Download (16MB) | Preview

Abstract

Minyak bumi merupakan salah satu sumber kekayaan alam yang sangat penting di era sekarang ini sebagai pendukung dunia peradaban manusia. Hingga sekarang kini telah banyak dibangun kilang-kilang di seluruh dunia sebagai proses produksi minyak bumi. Namun, produktivitas minyak bumi tersebut dibatasi oleh ketersediaan sumber daya transportasi yang memadai sebagai penunjang ke ekonomisan transportasi. semakin sulit minyak untuk didapatkan maka harga dari minyak akan semakin tinggi . Terbatasnya minyak bumi di Negara Indonesia yang ada diperburuk dengan letak geografis. Sehingga untuk menghindari kenaikan terhadap naiknya harga minyak bumi, sehingga pemerintahan mengambil langkah penghematan dengan cara membuat SPOB yang akan di parkirkan di daerah yang merasa membutuhkan minyak bahan bakar untuk keperluan sehari hari sehingga masyarakat tidak perlu jauh jauh untuk membeli minyak bumi yang diperlukan. Sehingga dapat meminimalisir kenaikan minyak bahan bakar sehingga dapat dilakukan penyetaraan harga. Dengan menciptakan moda transportasi yang lebih efisien maka penghematan akan tercipta didaerah tersebut. Proses distribusi minyak bumi di Pulau Bawean selama ini warga akan pergi ke daerah Surabaya dan gresik untuk membeli minyak bumi untuk kebutuhan sehari hari. Dengan ini penulis menggunakan kapal tongkang yang di konversi menjadi kapal SPOB .Selain itu muatan dari kapal SPOB itu sendiri tergolong besar dikarenakan bentuknya adalah kapal tongkang,disini penulis mempunyai 3 jenis kapal tongkang untuk dikonversi menjadi SPOB untuk itu dibutuhkan mesin penggerak sendiri untuk menambah efisiensi dalam sektor operasi. Untuk menekan biaya operasional dalam pendistribusian minyak bahan bakar sebagai salah satu upaya penghematan dengan cara penilaian dari EEDI dan EEOI untuk mengoptimalkan biaya .

Kata Kunci ( Kapal Tongkang, SPOB,EEDI,EEOI)

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Kapal Tongkang, SPOB,EEDI,EEOI
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: dicky andrean yuliono
Date Deposited: 03 Jul 2024 03:23
Last Modified: 03 Jul 2024 03:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69075

Actions (login required)

View Item View Item