Pengaruh Perancangan Tata Letak Kamar Mesin Terhadap Sistem Self-Righting Studi Kasus Kapal Cepat

Fanany, Achmad Ishlahul (2019) Pengaruh Perancangan Tata Letak Kamar Mesin Terhadap Sistem Self-Righting Studi Kasus Kapal Cepat. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211745000028_Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211745000028_Undergraduate_Theses.pdf

Download (17MB) | Preview

Abstract

Perancangan kamar mesin yang handal dapat berpengaruh terhadap keberhasilan kapal baik dari sisi penggerak maupun dari sisi self-righting. Perancangan kamar mesin merupakan salah satu aspek untuk dapat menerapkan kemampuan self-righting. Terdapat sebuah inovasi untuk pengembangan kapal cepat yang tertutup dengan kemampuan self-righting yang mana kemampuan ini belum terdapat di Indonesia. Self-righting adalah kemampuan kapal untuk dapat kembali ke posisi semula setelah mengalami rolling sebesar 180°. Perancangan kamar mesin dengan menggunakan metode inherent self-righting merupakan salah satu metode untuk dapat menerapkan kemampuan self-righting. Fokus penelitian ini adalah mempelajari pengaruh titik gravity pada kamar mesin secara longitudinal, transverse dan vertical terhadap kemampuan self-righting. Pada kamar mesin didapatkan LCG 4.044 m, TCG 0.006 m dan VCG 0.830 m. Simulasi self-righting dibagi berdasarkan 5 kondisi load case. Pada kondisi load case 1 nilai max GZ 0.732 pada 51.8°. Pada kondisi load case 2 nilai max GZ 0.672 pada 70°. Pada kondisi load case 3 nilai max GZ 0.577 pada 61.8°. Pada kondisi load case 4 nilai max GZ 0.687 pada 69.1°. Pada konsisi load case 5 nilai max GZ 0.596 pada 59.1°. Pada 5 kondisi load case tersebut telah memenuhi kriteria stabilitas HSC 2000 code dan dapat menerapkan kemampuan self-righting dikarenakan telah memenuhi syarat memiliki nilai GZ positif selama 180°.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Inherent Self-Righting; Rolling; Titik Gravity; HSC 2000 Code; GZ Positif
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM297 Ships Designs and drawings
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM731 Marine Engines
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM751 Resistance and propulsion of ships
V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM761 Stability of ships
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fanany Achmad Ishlahul
Date Deposited: 02 Jul 2024 07:45
Last Modified: 02 Jul 2024 07:45
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69187

Actions (login required)

View Item View Item