Analisa Efisiensi Terminal Kontainer Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis Di Terminal Petikemas Surabaya, Terminal Tpk Koja, Dan Terminal Petikemas Semarang

Abhinaya, Almer Abhinaya (2019) Analisa Efisiensi Terminal Kontainer Menggunakan Metode Data Envelopment Analysis Di Terminal Petikemas Surabaya, Terminal Tpk Koja, Dan Terminal Petikemas Semarang. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 04211540000084-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
04211540000084-Undergraduate_Theses.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Ketidakseimbangan antara sumber daya dan output di terminal kontainer masih ditunjukkan di terminal besar di Indonesia dengan salah satu contohnya adalah terminal kontainer Koja, Semarang dan Surabaya. Ketidakseimbangan ini menyebabkan peralatan dan fasilitas menjadi kurang dimanfaatkan dan menyebabkan biaya dan waktu terbuang. Oleh karena itu, penelitian ini menganalisis pola ketidakseimbangan dalam terminal peti kemas dalam hal sumber daya dan outputnya secara teknis dan operasional menggunakan prinsip benchmarking, sehingga terminal dapat memperbaiki dirinya sendiri dengan meniru terminal yang jauh lebih baik. Model DEA digunakan karena dapat memproses input dan output lebih dari satu dan secara bersamaan yang sesuai dengan fungsi produksi pelabuhan. Metode DEA digunakan untuk membantu menemukan ketidakseimbangan atau ketidakefisienan di terminal peti kemas, dan analisis yang lebih dalam dilakukan untuk menyesuaikan nilai efisiensi DEA dalam kondisi nyata. Aspek teknis dan operasional yang dipelajari adalah peralatan dan fasilitas terminal kontainer sebagai input dan produksi kontainer sebagai output. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa dari aspek teknis dan operasional, terminal peti kemas Semarang adalah yang paling efisien. Untuk meningkatkan efisiensi dalam hal teknis dibandingkan dengan terminal lain, terminal peti kemas harus fokus pada peralatan penanganan muatannya seperti kinerja quay crane, dermaga dan kesesuaian dengan sumber daya lain, alokasi peti kemas di lapangan penumpukan peti kemas dan strategi penugasan yard crane.============================================================ The imbalance between resources and output at container terminals is still indicated in large terminals in Indonesia with one example being the Koja, Semarang and Surabaya container terminals. This imbalance causes the equipment and facilities to be underutilized and causes further cost and time . Therefore, this study analyzes patterns of imbalance in container terminals in terms of resources and their outputs technically and operationally using the benchmarking principle, so the terminal can improve itself from imitating a much better terminal. A DEA model is used because it can process input and output more than one and simultaneously which is in accordance with the container production function. The DEA method is used to help find imbalances or inefficiencies in container terminals, and a deeper analysis is carried out to adjust the DEA efficiency value in real conditions. The technical and operational aspects studied are container terminal equipment and facilities as inputs and container production as outputs. The results obtained show that from the technical and operational aspects ,Semarang's container terminal is the most efficient. To improve efficiency in technical terms compared to other terminals, container terminals must focus on its cargo handling equipment such as quay cranes performance and compability with other resources , allocation of containers in container yards and its yard crane deployment strategies.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: Efisiensi, benchmark, terminal petikemas, DEA
Subjects: Q Science > Q Science (General) > Q180.55.M38 Mathematical models
Q Science > QA Mathematics > QA184 Algebra, Linear
Q Science > QA Mathematics > QA402 System analysis.
Q Science > QA Mathematics > QA9.58 Algorithms
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE7 Transportation--Planning
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Almer Abhinaya
Date Deposited: 01 Jul 2024 07:40
Last Modified: 01 Jul 2024 07:40
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69523

Actions (login required)

View Item View Item