Perancangan dan Pengujian Test Bed Pembangkit Listrik Energi Laut untuk Keperluan Desain

Nugroho, Nico Kevin Adi (2019) Perancangan dan Pengujian Test Bed Pembangkit Listrik Energi Laut untuk Keperluan Desain. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of Laporan TA_Nico Kevin AN_04211540000059.pdf]
Preview
Text
Laporan TA_Nico Kevin AN_04211540000059.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penggunaan energi baru terbarukan semakin gencar dilakukan. Energi baru terbarukan yang berasal dari laut merupakan salah satu potensi besar yang dimiliki Indonesia. Efisiensi merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan pembangkit listrik. Salah satu cara meningkatkan efisiensi yaitu dengan menggunakan Maximum Power Point Tracking(MPPT). MPPT akan mengatur tegangan pada transfer energi dari panel menuju ke baterai yang biasanya digunakan pada photovoltaic. Pada tugas akhir ini akan dilakukan perancangan dan pengujian model pembangkit listrik energi laut dengan sistem stand alone. Dalam sistem stand alone baterai memiliki fungsi sangat penting sebagai penyimpan daya. Penelitian ini akan melakukan pengujian pada test bed pembangkit yang akan melihat keandalan dari generator yang diputar oleh motor induksi sebagai pengganti turbin dan pengaruh MPPT terhadap pembangkit. Motor induksi yang digunakan pada eksperimen ini dihubungkan menggunakan pulley ke generator dan putarannya bisa diatur oleh variable speed drive controller. Sehingga kecepatan generator bisa diatur dengan mengubah frekuensi motor. Eksperimen menunjukkan bahwa efisiensi variable speed drive controller sebesar 0,996 sehingga test bed bekerja dengan baik. Generator yang digunakan untuk eksperimen juga bekerja dengan baik dengan tegangan 500 pada kecepatan 245 rpm sesuai dengan standar yang sudah ditetapkan oleh pabrik. Pengujian kinerja MPPT menunjukkan 3 buah kondisi yaitu mengambil daya baterai ketika tegangan input rata-rata adalah 51,47 V kebawah, tidak mengisi maupun mengambil daya baterai pada tegangan input rata-rata 61,3 V dan melakukan pengisian kepada baterai ketika tegangan 72,67 V keatas. Hal ini menunjukkan bahwa MPPT bisa mengambil daya dari baterai ketika tegangan input dari pembangkit tidak bisa memenuhi kebutuhan daya MPPT sebagai charge controller.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: generator, MPPT, test bed, variable speed drive controller
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1001 Production of electric energy or power
T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering > TK1322.6 Electric power-plants
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Marine Engineering > 36202-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Nugroho Nico Kevin Adi
Date Deposited: 02 Jul 2024 06:41
Last Modified: 02 Jul 2024 06:41
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69597

Actions (login required)

View Item View Item