Pengelolaan layanan operasional aplikasi manajemen surat pada PT.PLN (Persero) distribusi Jawa Timur berbasis service operation pada ITIL V.3

Bestrya, Regina (2014) Pengelolaan layanan operasional aplikasi manajemen surat pada PT.PLN (Persero) distribusi Jawa Timur berbasis service operation pada ITIL V.3. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5210100062-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
5210100062-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Keselarasan antara layanan IT dengan kebutuhan bisnis
perusahaan merupakan hal yang sangat penting. Peningkatan
dalam penyajian informasi dan komunikasi semakin berkembang.
Tak terkecuali pada PT PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Timur
yang memiliki alat komunikasi yang digunakan sebagai sarana
komunikasi dan informasi dalam perusahaan.
PT PLN (PERSERO) Distribusi Jawa Timur memiliki
sebuah aplikasi yang menunjang proses bisnis perusahaan yang
dinamakan Aplikasi Manajemen Surat. Aplikasi Manajemen
Surat(AMS) merupakan sebuah aplikasi yang sangat
berpengaruh pada kinerja perusahan, sehingga diperlukan
strategi dalam pengelolaan layanan operasional aplikasi
tersebut. Beberapa gangguan terhadap layanan AMS pada jam
kerja saat ini menghambat proses bisnis perusahaan. Sedangkan
kondisi ideal dari aplikasi penunjang bisnis adalah aplikasi yang
rentan terhadap permasalahan apapun.
Pengelolaan layanan operasional dapat dilakukan
dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan tata kelola
yang mengacu pada metode ITIL V3. Didalam ITIL V3 terdapat
lifecycle yang memiliki fungsi masing-masing yang mencakup kebutuhan bisnis bagi perusahaan, salah satunya adalah service
operation.
Hasil tugas akhir ini adalah sebuah dokumen tata kelola
berbasis service operation pada ITIL V3 dalam pemeliharaan
layanan Aplikasi Manajemen Surat pada PT PLN (PERSERO)
Distribusi Jawa Timur yang penting bagi perusahaan, dirasa
dengan menggunakan teori service operation pada ITIL V3 akan
memberikan panduan dan kemudahan bagi PT PLN (PERSERO)
Distribusi Jawa Timur dalam mengelola layanan AMS ini.
Penulis berharap dengan dibuatnya tugas akhir ini, maka akan
memudahkan pengguna aplikasi dan berharap agar dokumen ini
memberikan manfaat lebih bagi perusahaan PT PLN (PERSERO)
Distribusi Jawa Timur.

=========================================================================================================

Alignment of IT services with the business needs of the
company is very important. The increase in the presentation of
information and communication is growing. No exception to PT
PLN (Persero) Distribution of East Java that has a
communication tool used as a means of communication and
information within the company.
PT PLN (Persero) Distribution of East Java have an
application that supports business process management
application company called Mail. Letter of Application
Management (AMS) is an application that greatly affect the
performance of the company, so that the operational maintenance
strategy is needed in the application. Some disruption to services
during working hours AMS currently hamper the company's
business processes. While the ideal conditions of business support
applications are applications that are susceptible to any
problems. Governance maintenance services can be done in various
ways, one of which is with reference to the method of ITIL V3. In
ITIL V3 lifecycle there has functions that cover each of the
company's business needs, one of which is a service operation.
Management of operational service can be done in
various ways, one of them with ITIL V3. In ITIL V3 lifecycle there has functions that cover each of the company's business needs,
one of which is a service operation.
The results of this thesis is a document of governance
based on ITIL V3 service operation in the maintenance of Letter
of Application Management service in PT PLN (Persero)
Distribution of East Java that are important to the company, is
considered by using the theory of the ITIL V3 service operation
will provide guidance and ease for PT PLN (Persero)
Distribution of East Java in managing the AMS service. The
author hopes that this thesis made, it will be easier for the user
application and hope that this document provides more benefits
for the company PT PLN (Persero) Distribution of East Java.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSSI 005.3 Bes p
Uncontrolled Keywords: Tata kelola; ITIL V.3; Aplikasi manajemen surat; Distribusi Jawa Timur
Subjects: T Technology > T Technology (General) > T58.6 Management information systems
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System > 57201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 06 Aug 2019 02:16
Last Modified: 06 Aug 2019 02:16
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69800

Actions (login required)

View Item View Item