Perancangan Buku Tutorial Sulam Kristik untuk Fesyen Wanita Bertema Bunga Indonesia

Fauziah, Della Novita (2019) Perancangan Buku Tutorial Sulam Kristik untuk Fesyen Wanita Bertema Bunga Indonesia. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 08311540000032-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
08311540000032-Undergraduate_Theses.pdf

Download (8MB) | Preview

Abstract

Sulam kristik merupakan salah satu seni kriya tekstil yang sudah dikenali dan digemari sebagai hobi oleh masyarakat Indonesia. Namun faktanya, kegiatan menyulam tersebut bagi sebagian masyarakat Indonesia, terutama wanita dewasa muda saat ini adalah hal yang membosankan dan cenderung dianggap sebagai kegiatan yang hanya dilakukan oleh kaum lanjut usia. Oleh karena itu tujuan penulis adalah untuk mengembangkan pola sulam kristik dengan implemetasi yang berbeda, yaitu pada produk fesyen wanita dengan objek sulam bunga Indonesia. Pada perancangan ini objek yang dipilih adalah bunga Indonesia yang memiliki nilai sebagai Identitas bangsa.
Perancangan buku visual ini menggunakan beberapa metodelogi penelitian diantaranya analisis komparatif, visual exploration, marketing research, studi eksisting dan literatur. Data yang didapat kemudian disimpulkan untuk mendapatkan sebuah konsep desain dan konten buku yang sesuai. Konsep perancangan ini adalah “Attractive Fashion Cross Stitch” yang dapat diartikan sebagai sulam kristik yang atraktif pada produk fesyen wanita.
Dari hal tersebut merupakan sebuah peluang untuk merangkul kembali sulam kristik yang dianggap sebagai kegiatan lampau untuk kembali digemari sebagai hobi kekinian. Hasil luaran dari perancangan ini adalah buku tutorial dengan konten meliputi informasi mengenai bunga Indonesia, tutorial singkat sulam kristik, hasil eksplorasi desain pola, serta berbagai contoh implementasi pola sulam kristik yang telah dibuat pada produk fesyen wanita dewasa muda.
============================================================================================================================
Cross stitch embroidery is one of the senior craft arts that has been recognized and favored as a hobby by the people of Indonesia. But in fact, this embroidering activity for most Indonesians, more young adult women today is complicated and tends to be considered an activity only carried out by the elderly. Therefore the aim of the author is to develop a pattern of cross stitch embroidery with different implementations, namely on women's products with Indonesian flower embroidery objects. In this design the chosen tourist object is Indonesian interest which has value as a national identity.
The design of this visual book uses several comparative analysis research methods, visual exploration, marketing research, existing studies and literature. The data obtained is then concluded to get the design concept and appropriate book content. This design concept is "Attractive Stitch Cross Mode" which can be interpreted as cross stitch that can be used on women's fashion products.
From this it is an opportunity to embrace the christian which is considered as an old hobby to like as a hobby. The results of this tutorial are tutorial books with content containing brief information about Indonesian flowers, a short tutorial on cross stitch, the results of explorations of cross stitch designs, and various examples of the application of cross stitch patterns that have been made for the products of young women.

Item Type: Thesis (Other)
Uncontrolled Keywords: buku tutorial, sulam kristik, bunga Indonesia
Subjects: N Fine Arts > NE Print media
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: Fauziah Della Novita
Date Deposited: 05 Jul 2024 02:10
Last Modified: 05 Jul 2024 02:10
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/69939

Actions (login required)

View Item View Item