Wulandari, Sofyana Kharisma (2019) Perancangan Buku Cerita Digital Interaktif Punakawan sebagai Media Edukasi Pendidikan Karakter untuk Anak SD Usia 7-10 Tahun. Other thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
08311440000084-Undergraduated_Theses.pdf Download (11MB) | Preview |
Abstract
Nilai-nilai yang ada di dalam pendidikan karakter dapat dijadikan sebuah pondasi bagi anak dalam berkehidupan sehari-hari sebagai bentuk tindakan preventif untuk anak. Perlu adanya media yang saat ini dekat dengan anak, yaitu media digital dengan konten-konten cerita di dalamnya yang mengangkat empat tokoh Punakawan. Empat okoh tersebut membawa pesan nilai-nilai pendidikan karakter sesuai dengan sifat-sifat yang mereka miliki. Teori yang dijadikan acuan adalah teori Nilai Pendidikan Karakter menurut Kemendiknas tahun 2013. Target pengguna pada perancangan media ini adalah anak-anak usia 7-11 karena pada rentang usia tersebut anak-anak sudah memiliki kemampuan berpikir secara logis. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah metode kualitatif serta kuantitatif data primer dan data sekunder. Metode kualitatif yaitu dengan mengumpulkan data lapangan melalui kegiatan depth interview kepada para ahli dan studi eksperimen dilakukan kepada para ahli menghasilkan revisi dan evaluasi. Selanjutnya akan dilakukan user testing kepada target pengguna. Hasil dari perancangan ini adalah buku cerita digital interaktif dengan konten cerita pendidikan karakter dengan tokoh-tokoh Punakawan sebagai tokoh utamanya dam digambarkan dalam bentuk kartun untuk anak.
============================================================================================================================
The implementation of character education values on the students’ daily life is essential to tackle the negative influences which commonly occur in the modern age. Hence, to communicate those values we need a media that is widely used by the students that is digital media where the values can be presented in a form of daily life stories. This research will use the Punakawan as the main characters in the story where each will represents the values based on each trait. The character education values based on Nilai Pendidikan Karakter 2013 bu Kementrian Pendidikan Nasional. The media target audience is students from 7 to 11 years old, a group of age where childern able to think logically. The method used in this research is qualitative and quantitative method which based on primary and secondary data. Primary data drawn from expert interview conducted before and after experimental study to evaluate the design. User testing conducted last to evaluate the final design. The result of this research is an interactive digital story book where the Punakawan serve as the main characters and visualized in cartoon style.
Item Type: | Thesis (Other) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Konten Cerita, Pendidikan Karakter, Punakawan |
Subjects: | L Education > L Education (General) P Language and Literature > PZ Childrens literature |
Divisions: | Faculty of Architecture, Design, and Planning > Industrial Product Design > 90231-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | Wulandari Sofyana Kharisma |
Date Deposited: | 05 Jul 2024 07:55 |
Last Modified: | 05 Jul 2024 07:55 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/69983 |
Actions (login required)
View Item |