Implementasi Algoritma Genetika Untuk Steganografi Pada Citra JPEG

Arif, Hidayat (2008) Implementasi Algoritma Genetika Untuk Steganografi Pada Citra JPEG. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 5103100026-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
5103100026-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview

Abstract

Steganografi adalah metode untuk menyimpan suatu informasi ke dalam citra sedemikian hingga informasi tersebut bisa tersembunyi dengan aman dan isi informasi hanya bisa diketahui oleh penerima yang diinginkan. Standar yang diinginkan dalam steganografi adalah mampu untuk menyimpan informasi payload sebanyak mungkin dalam citra pembawa carrier tanpa mengurangi kualitas citra dan dengan cara hingga citra hasil steganografi package tidak bisa dideteksi dengan mata manusia atau yang disebut dengan steganalysis. Untuk menjaga kerahasiaan pesan digunakan pesudo-random number generator PRNG untuk mencari dan memilih secara pseudorandom nilai discrete cosine transform DCT yang akan digantikan dengan pesan yang akan disembunyikan. Karena pemilihan ini bersifat pseudo-random informasi yang tersembunyi tidak bisa ditemukan tanpa mengetahui kunci rahasia yang digunakan sebagai seed pada PRNG. Algoritma Genetika akan digunakan untuk melakukan optimasi dengan yang menghasilkan citra steganografi yang memiliki tingkat perbedaan paling rendah bila dibandingkan dengan citra asal. Dari implementasi Algoritma Genetika untuk steganografi ini dihasilkan citra dengan kualitas visual dan distorsi yang lebih kecil bila dibandingkan dengan citra yang dihasilkan dengan steganografi tanpa menggunakan Algoritma Genetika.
========== A Steganography is a method to hide an information inside an image so that the information is hidden securely and its content is only known to intended recepient. Desired standard for steganography are capability to hide information payload as many as possible inside medium image carrier without reducing image quality and in a way that result image package cannot be detected by human visual system or a method called steganalysis. In order to preserve the secret information we use pesudorandom number generator PRNG to find and select pseuo-randomly value of discrete cosine transform DCT which will be embedded with the hidden information. Because the selection is pseudo-random the hidden information cannot be found without knowing secret key used for seeding PRNG. Genetic Algorithm will be used to improve result images quality so that it has minimum differences when compared with the original images. From this implementation of Genetic Algorithm for steganography resulted in an image which has better visual quality and less distortion than image that is produced from steganography without Genetic Algorithm.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Collection ID : 3100008031202 Call Number : RSIf 005.1 Hid i
Uncontrolled Keywords: Steganografi, discrete cosine transform, JPEG, Algoritma Genetika
Subjects: Q Science > QA Mathematics > QA402.5 Genetic algorithms.
Q Science > QA Mathematics > QA76.9 Computer algorithms. Virtual Reality. Computer simulation.
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 20 Aug 2019 08:36
Last Modified: 20 Aug 2019 08:36
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70429

Actions (login required)

View Item View Item