Aplikasi Peta Kontrol Dan Desain Eksperimen Faktorial Pada Perbaikan Kualitas Produk FCB Di "PT. Anja Safara", Pati

Moch., Nawawi (1996) Aplikasi Peta Kontrol Dan Desain Eksperimen Faktorial Pada Perbaikan Kualitas Produk FCB Di "PT. Anja Safara", Pati. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2590100045-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2590100045-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (3MB) | Preview

Abstract

Salah satu aspek yang sangat penting untuk diperhatikan oleh setiap perusahaan yang lngin tetap eksis dan berkembang ditengah-tengah persaingan yang semakin ketat adalah aspek mutu. Mutu yang baik dapat dijadikan suatu faktor keunggulan perusahaan, yang dapat mengantarkan perusahaan meraih kemajuan dan keuntungan seperti yang direncanakan.

Untuk dapat menghasilkan produk dengan mutu baik perlu diupayakan suatu prosedur pengendalian mutu yang balk, serta dapat diterapkan secara praktis pada perusahaan. Salah satu bentuknya adalah peta kontrol proses yang dapat digunakan untuk memonitor proses produksi, sehingga penyimpangan proses dapat dikendalikan sejak awal yang pada gilirannya akan dapat mengurangi produk yang cacat, yang berarti bahwa tingkat mutu keluaran proses menjadi lebih baik. PT ANJA SAF ARA, sebuah perusahaan penghasil kayu olahan saat ini menghadapi persoalan yang berkaitan dengan mutu produk yang dihasilkan. Meskipun pada kenyataannya, produk yang dihasilkan oieh perusahaan tersebut sudah mampu menembus pasaran ekspor, namun komposisi grade yang dihasilkan menunjukkan bahwa proses yang sekarang ini berlangsung memiliki kinerja dan kemampuan yang masih bisa diperbaiki dan ditingkatkan. Peta kontrol pada akhirnya hanya merupakan salah satu alat saja. Peningkatan kemampuan proses tak dapat dilakukan tanpa adanya komitmen dan dukungan pihak manajemen pabrik untuk secara terus menerus melakukan evaluasi terhadap kondisi proses yang sekarang berlangsung untuk selanjutnya meiakukan perbaikan dan penyempurnaan, sehingga dalam jangka panjang perbaikan kualitas produk benar-benar dapat dicapai.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSI 658.562 Naw a 8384/H/97
Uncontrolled Keywords: kontrol proses, proses produksi, peta kontrol
Subjects: T Technology > TS Manufactures > TS155 Production control. Production planning. Production management
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Industrial Engineering > 26201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 27 Aug 2019 02:23
Last Modified: 27 Aug 2019 02:23
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70536

Actions (login required)

View Item View Item