Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Penjadualan Banyak Pekerjaan Dengan Jaringan Saraf Tiruan

Hakim, Lukmanul (1998) Perancangan Dan Pembuatan Perangkat Lunak Penjadualan Banyak Pekerjaan Dengan Jaringan Saraf Tiruan. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2693100037-Undergraduate_Theses.pdf]
Preview
Text
2693100037-Undergraduate_Theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Persoalan penjadualan (scheduling) semakin dirasakan dcngan
meningkatnya persaingan pasar bagi kalangan industri. Penjadualan yang tepat akan memberikan banyak keuntungan, antara lain meningkatkan efisiensi dengan mengurangi penggunaan waktu yang sia-sia, meningkatkan produktivitas, dan dapat memcnuhi batas waktu (dead line) yang ditcntukan olch pelanggan (customer).
Tugas Akhir ini membahas aplikasi jaringan saraf tiruan untuk menyelesaikan persoalan penjadualan banyak pekerjaan (multiple job scheduling). Konstruksi jaringan saraf tiruan yang digunakan adalah model yang dirumuskan oleh Zhen-Ping Lo dan Behnam Bavarian. Model yang digunakan adalah jaringan
Hopfield yang digunakan untuk menyelesaikan persoalan traveling salesman yang dikembangkan menjadi jaringan saraf tiga dimensi, yaitu Neuro-Box Network (NBN). Pcrumusan untuk pcrsoalan traveling salesman dipcrluas untuk persoalan multiple traveling salesmen dan multiple job scheduling dcngan tingkat kesulitan yang scmakin bertambah. Model ini kemudian diuji dengan menerapkan beberapa pcrsoalan dcngan pcmbatas (constraint) yang bcrvariasi.
Hasil pengujian menunjukkan bahwa model NBN mengijinkan ekspansi ke ketiga arah dimensi. Sehingga model ini mampu mengakomodasi persoalan dengan jumlah pekerjaan, jumlah mesin, dan jumlah unit alokasi waktu yang berbeda. Konvergensi menuju suatu pemecahan yang feasible dapat dicapai tergantung pada persoalan yang ditangani. Hasil uji coba mcnunjukkan bahwa model ini tidak bisa mendapatkan pemecahan yang feasible untuk persoalan dengan pembatas (constraint) yang ketat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSIf 005.1 Hak p 19.726/H/04
Uncontrolled Keywords: Scheduling, jaringan saraf tiruan, traveling salesman, Neuro-Box Network
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD69.T54 Time management. Scheduling
Q Science > QA Mathematics > QA76.87 Neural networks (Computer Science)
Divisions: Faculty of Information Technology > Informatics Engineering > 55201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 03 Sep 2019 06:56
Last Modified: 03 Sep 2019 06:56
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70644

Actions (login required)

View Item View Item