Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Turen-Bts. Kab. Lumajang STA 0+000-3+000 Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Di Kab. Malang, Jawa Timur

Hadiyatullah, Moh. and Nufa, Barry (2015) Perencanaan Peningkatan Ruas Jalan Turen-Bts. Kab. Lumajang STA 0+000-3+000 Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku Di Kab. Malang, Jawa Timur. Undergraduate thesis, Institut Technology Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3112030082-Non Degree.pdf]
Preview
Text
3112030082-Non Degree.pdf - Published Version

Download (7MB) | Preview

Abstract

Proyek peningkatan jalan Turen – Bts. Kab
Lumajang ini merupakan proyek pembangunan yang
bertujuan untuk memberikan tingkat pelayanan yang lebih
baik karena tingkat pertumbuhan kendaraan yang cukup
tinggi serta meningkatkan pertumbuhan pada sektor
pertambangan karena ruas jalan Turen – Bts. Kab. Lumajang
merupakan jalan yang biasanya sering dilewati oleh
kendaraan yang membawa material bahan bangunan yang
berasal dari kaki gunung Semeru. Agar dapat terwujudnya
kelancaran dan kenyamanan dalam berlalu lintas maka
direncanakan proyek peningkatan jalan Turen – Bts. Kab.
Lumajang KM 23+000 – KM 26+000
Perencanaan peningkatan jalan ini direncanakan
menggunakan struktur perkerasan kaku (Rigid Pavement).
Metode yang digunakan pada perencanaan jalan ini
diantaranya adalah analisa kapasitas jalan dengan
iv
menggunakan Manual Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI)
1997, perhitungan tebal perkerasan kaku dengan
menggunakan Pedoman Perencanaan Perkerasan Jalan
Beton Semen (Pd T-14-2003), kontrol geometrik jalan
dengan menggunakan Perencanaan Geometrik Jalan,
Perencanaan Drainase dengan metode SNI 03-342-1994,
dan perencanaan anggaran biaya menggunakan buku
petunjuk teknis Harga Satuan Pokok (HSPK) 2014.
Dari hasil perhitungan derajat kejenuhan untuk
perencanaan peningkatan jalan Turen – Bts. Kab. Lumajang
dengan menggunakan perkerasan kaku (rigid pavement)
yang dilakukan pada awal tahun rencana 2017 dengan umur
rencana 20 tahun, didapatkan hasil untuk lebar jalan rencana
selebar 12 m. Tebal untuk perkerasan kaku diperoleh 20 cm
dengan beton K-400 serta pondasi bawah dengan Agregat B
setebal 20cm. Hasil analisa kontrol geometrik jalan yang
dilakukan tidak terdapat perubahan geometrik jalan pada
ruas jalan ini. Perencanaan saluran tepi drainase
menggunakan bentuk trapesium dengan dimensi b = 0,6 m,
d = 0,8 m dan w = 0,63 m. Biaya yang dibutuhkan untuk
pembangunan proyek ini adalah sebesar Rp. 32.993.324.713
(terbilang Tiga Puluh Dua Milyar Sembilan Ratus Sembilan
Puluh Tiga Juta Tiga Ratus Dua Puluh Empat Ribu Tujuh
Ratus Tiga Belas Rupiah)
===========================================================================================================
Road improvement project Turen – Lumajang
Districk is a devolepment project wich has purpose to Ice
better service standar due to level of transportation
development is high and to incrase Development of mine
sector since roads of Turen – Lumajang district is usually
passed by vehicle carrying building material from foot of
Mount Semeru. In order to realis smooth and comfort in
road of Turen – Lumajang District, Malang Sta 0+000 –
3+000..
Planning of road improvement si planned by pusing
a rigid pavement structure. The method used in the planning
of this road include road capacity analysis using Manual
Kapasitas Jalan Indonesia (MKJI) 1997, the calculation of
rigid pavement thickness by using the Planning Guidlines
vi
Cement Concrete Pavement Road (Pd-T 14-2003).
Geometric Control path by using Geometric Roads
Planning. Drainage planning by SNI 03-042-1994 method,
and the budget plan by using Technical Manuals Principal
Activities Unit Price (HSPK) 2014.
From the calculated incrase Ni road planning Turen
– Lumajang road widenning carried out early 2017 the
Panin accordance Alt PP 34 year 2006 for the primarry
collector condition in a 5m wide road by road the changes
krom 2/2 UD into 4/2 UD with 12m road width. Rigid
pavement tichkness of 20cm is obtained with K-400 and the
concrete foundation or called agregat B as thick as 20cm.
Edge of the channel planning of drainage by using a
trapezodial shape with dimensions b = 0.5 m, d = 0. 8 m and
w = 0.6 m. Costs requied for the contruction of this Prospect
is Rp. 32.993.324.713 (in words Threety Two Billion Nine
Hundred Ninety Three MIllion Three Hundred Twenty Four
thousands Seven hundred Threeteen Rupiah).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSS 625.7 Had p
Uncontrolled Keywords: Perkerasan Beton Semen, Tebal Perkerasan, Geometrik, Drainase
Subjects: T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements
T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3
Depositing User: Mr. Tondo Indra Nyata
Date Deposited: 02 Oct 2019 06:49
Last Modified: 02 Oct 2019 06:49
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/70953

Actions (login required)

View Item View Item