Hardianto, Ryan (2015) Perencanaan Frontage Sisi Barat Jalan A.Yani Surabaya Pada STA 0+000 – STA 3+000 Dengan Menggunakan Perkerasan Kaku. Diploma thesis, Institut Teknology Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
3111030121-Non Degree.pdf - Published Version Download (4MB) | Preview |
Abstract
Keberadaan jalan raya sangat diperlukan untuk
menunjang laju pertumbuhan ekonomi seiring dengan
meningkatnya pertumbuhan sarana transportasi. Untuk
menunjang hal tersebut diperlukan perencanaan dan
pembangunan jalan kases agar fasilitas lalu lintas tersebut benarbenar
berfungsi sebagai prasarana transportasi yang memadai
baik dari segi pelayanan, keamanan, maupun keselamatan bagi
pengguna jalan. Untuk mengatasi hal tersebut, maka dipilih
alternatif menggunakan perkerasan kaku (Rigid Pavement).
Tujuanya adalah untuk mencari model struktur yang tahan lama
yang sesuai dengan umur rencana dengan penekanan
penghematan biaya mengitung tebal perkerasan dengan tulangan
dan saluran tepi.
Dalam perencanaan pembangunan jalan ini dilakukan
beberapa tahap yaitu analisa kapasitas jalan dengan menggunakan
MKJI`1997 (Manual Kapasitas Jalan Indonesia), Perencanaan
iv
Tebal Perkerasan dengan menggunakan Standar Nasional
Indonesia (RSNI), Pedoman Perencanaan Perkerasan Kaku
(Departemen Pekerjaan Umum) Bina Marga, perencanaan
drainase “SNI 03 – 3424 – 1994”, (Departemen Pekerjaan
Umum),perencanaan geometrik dan perencanaan anggaran
biaya.
Berdasarkan perhitungan derajat kejenuhan pada
tahun 2038 (DS) = 0,71. Maka pada DS yang sesuai pada
peraturan MKJI terdapat pada tahun 2038. Tulangan
memanjang menggunakan baja ulir diameter 12 mm jarak 225
mm. Tulangan melintang menggunakan baja ulir dengan
diameter 12 jarak 350 mm. Dowel diameter 32 jarak 300 mm
(polos) jarak 300 mm. Dan pada Tie bar menggunakan 13 mm
jarak 500 mm (ulir).
Untuk perencanaan drainase (saluran tepi) berbentuk
persegi dengan beton pra cetak dengan finishing diperoleh
dimensi sebagai berikut ; lebar (b) = 0,7 m ; tinggi jagaan (w)
= 0,3 m ; (d) = 0,25 m. Rencana anggaran biaya pada tahun
2016 :
Rp 39.234.092.000,- (Tiga Puluh Sembilan Milyar Dua
Ratus Tiga Puluh Empat Juta Sembilan Puluh Dua Ribu
Rupiah)
Dengan adanya permasalahan yang ada, penulis akan
meninjau dan merencanakan jalan baru frontage sisi barat
untuk umur rencana 25 tahun yang akan ditulis dalam Tugas
Akhir dengan judul “Perencanaan Frontage Sisi Barat Jalan
A.Yani Surabaya pada STA 0+000 – STA 3+000 dengan
Menggunakan Perkerasan Kaku.”
======================================================================================================
The existence of the highway is needed to support the
economic growth rate in line with the growth of means of
transport. To support the necessary planning and construction of
road traffic facilities kases that is really serves as an adequate
transport infrastructure both in terms of service, security and
safety for road users. To overcome this, the chosen alternative to
using rigid pavement (Rigid Pavement). The aim is to find a
model that is durable structure corresponding to the age of the
plan with emphasis calculate cost savings pavement thickness
with reinforcement and channel edges.
In planning the construction of this road is done several
stages of analysis of road capacity by using MKJI`1997 (Highway
Capacity Manual Indonesia), Planning Pavement Thickness using
Indonesian National Standard (RSNI), Rigid Pavement Planning
Guidelines (Ministry of Public Works) Highways, drainage
planning "SNI 03-3424 - 1994,", (Ministry of Public Works),
geometric planning and budget planning.
Based on the calculation of the degree of saturation in
2038 (DS) = 0.71. Then the corresponding DS MKJI regulations
contained in 2038. Reinforcing steel lengthwise using a screw
diameter of 12 mm distance of 225 mm. Transverse reinforcement
vi
using steel screw with a diameter of 12 a distance of 350 mm.
Dowel diameter of 32 300 mm (plain) a distance of 300 mm. Tie
bar and at a distance of 500 mm using a 13 mm (screw).
For planning drainage (channel edge) square-shaped
with concrete pre-printed with a finishing obtained the following
dimensions; width (b) = 0.7 m; high surveillance (w) = 0.3 m;
(D) = 0.25 m. Budget plan in 2016: Rp. 39.234.092.000 billion, -
(Spelled Thirthy Nine Billion Two Hundred Thirty Four Ninety
Two Thousand Rupiah)
With the existing problems, the authors will review and
plan a new frontage road west side for a design life of 25 years
which will be written in the Final with the title
"Planning Frontage Road West Side A. Yani, Surabaya in
STA 0 + 000 - STA 3 + 000 with Using Rigid Pavement. "
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Additional Information: | RSS 625.7 Har p |
Uncontrolled Keywords: | Jalan raya, MKJI, RSNI, SNI, Perkerasan kaku, Frontage road |
Subjects: | T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements T Technology > TE Highway engineering. Roads and pavements > TE175 Road and highway design |
Divisions: | Faculty of Civil Engineering and Planning > Civil Engineering > 22401-(D3) Diploma 3 |
Depositing User: | Mr. Tondo Indra Nyata |
Date Deposited: | 03 Oct 2019 02:58 |
Last Modified: | 03 Oct 2019 02:58 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/70967 |
Actions (login required)
View Item |