Desain Dashboard Untuk Meningkatkan Pengujian Bahan Dan Barang Tepat Waktu

Rintiasti, Aneke and Affandi, Ahmad and ER, Mahendrawathi (2011) Desain Dashboard Untuk Meningkatkan Pengujian Bahan Dan Barang Tepat Waktu. SESINDO 2011. pp. 10-15.

[thumbnail of ITS-Article-20135-DESAIN_DASHBOARD_UNTUK_MENINGKATKAN_PENGUJIAN_BAHAN_DAN_BARANG_TEPAT_WAKTU.pdf]
Preview
Text
ITS-Article-20135-DESAIN_DASHBOARD_UNTUK_MENINGKATKAN_PENGUJIAN_BAHAN_DAN_BARANG_TEPAT_WAKTU.pdf - Published Version

Download (761kB) | Preview

Abstract

Baristand Industri Surabaya dibawah Kementrian Perindustrian bergerak dalam bidang Jasa Pelayanan Teknik (JPT) pengujian bahan dan barang. Salah satu syarat produk memperoleh SPPT SNI adalah lulus proses pengujian SNI pada laboratorium yang ditunjuk pemerintah. Kinerja proses Pengujian Bahan dan Barang saat ini dipantau melalui salah satu key performance indicator yaitu pengujian tepat waktu dengan target sebesar 95%. Pada tahun 2010 capaian inlier (pengujian tepat waktu) sebesar 90,6% dari total sampel uji 2.208 jadi masih kurang 4,4% dari target yang ditetapkan. Oleh karena itu Manajemen membutuhkan suatu alat penyedia ringkasan dari pengukuran kritis yang dibutuhkan untuk mempermudah pemantauan capaian kinerja pengujian. Paper ini mengajukan rancangan performance dashboard yang dapat menampikan key performance indicator untuk Pengujian Bahan dan Barang di Baristand Industri Surabaya. Metodologi yang digunakan terbagi atas fase analisis dan desain. Fase Analisis dimulai dengan studi literatur, analisa proses bisnis dan dokumen, menyusun tujuan, menentukan key performance indicator, dan mengumpulkan data yang dibutuhkan. Fase desain terdiri dari mendefinisikan model penyajian untuk setiap KPI dan mendesain storyboard. Hasil rancangan divalidasi kepada calon pengguna dengan beberapa kriteria desain, tata letak dan navigasi. Jika hasil valid maka dashboard akan dikembangkan sehingga dapat membantu manajemen untuk memantau pencapaian kinerja Pengujian Bahan dan Barang dan dapat membantu membuat keputusan yang lebih cepat dan efektif .

Item Type: Article
Additional Information: Collection ID : 52105120000049
Uncontrolled Keywords: dashboard, key performance indicator, pengujian bahan dan barang
Subjects: H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD30.213 Management information systems. Dashboards. Enterprise resource planning.
Divisions: Faculty of Information Technology > Information System
Depositing User: - Davi Wah
Date Deposited: 07 Oct 2019 03:51
Last Modified: 07 Oct 2019 03:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71024

Actions (login required)

View Item View Item