Analisa Kemungkinan Penggunaan Poros Berongga Pada KM. Mamiri

Sulistio, Iwan (1996) Analisa Kemungkinan Penggunaan Poros Berongga Pada KM. Mamiri. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4894200217-Undergraduate Thesis.pdf]
Preview
Text
4894200217-Undergraduate Thesis.pdf - Published Version

Download (6MB) | Preview

Abstract

Sejak lama, manusta selalu mencari altematif-altematif lain yang
bertujuan tmtuk mengurangi pemakaian material atau dengan kata lain pemakaian
material se-sedikit mwtgkin, namwt masih dapat dimanfaatkan wttUk pemakaian
yang optimal.
Pada penulisan ka1i ini, penulis mencoba wttuk lebih memperjelas .
pemyataan tersebut diatas dengan jalan mengubah bentuk poros propeller yang
pejal pada KM. Mamiri menjadi bentuk poros propeller yang berongga.
Penulis mengungkapkan beberapa alternatif bentuk pOI os berongga
tersebut sebanyak 3 bentuk, yaitu:
1. Bentuk poros berongga dengan luasan penampang poros yang sama dengan
luasan penampang poros pejal. Hal ini disebabkan karena poros berongga
tersebut hanya ingin dapat menahan gaya-gaya yang bekerja (gaya Thrust dan
gaya Torsi). Cara ini ialah cara yang sederhana namwt tidak dapat mengurangi
pemakaian material.
2. Bentuk poros berongga dengan memakai jenis material yang berbeda/ lebih kuat
dari jenis material poros pejal. Hal ini disebabkan agar poros berongga dengan
luasan penampang yang lebih kecil dari luasan penampang poros pejal dapat
menahan gaya-gaya yang bekerja (gaya Thrust dan gaya Torsi). Cara ini ialah
cara yang lebih maju sebab cara ini dapat mengurangi pemakaian material
namtm pengurangan ini terimbangi dengan digantinya jenis material poros pejal
dengan jenis material yang lebih kuat, tentunya dari segt ekonomis tidak
memenuhi.
3. Bentuk poros berongga dengan menambahkan fluida didalamnnya. Cara ini ialah
yang paling baik dari ketiga cara di atas, sebab selain pemakaian material dapat
dikurangi, jenis material tidak perlu diganti, poros berongga ini masih dapat
menahan gaya-gaya yang beketja (gaya Thrust dan gaya Torsi).
Sebagai contoh: jika diperlukan poros propeller yang ringan dan tidak
mahal maka pemakaian poros berongga merupakan altematif terbaik, hal ini
dikarenakan penggunaan material yang sedikit (untuk jenis material yang mahal)
sebab berongga dan berisi fluida sehingga menurunkan juga berat dari poros
terse but.
Namun penulisan ini hanya sebagai langkah awal dalam mencari
alternatif yang lainnya lagi, karena hal itu memerlukan pemikiran yang lebih Ian jut
dan waktu yang lebih lama serta dana yang tidak sedikit. Biarlah melalui tulisan ini
dapat menjadi motivasi generasi muda untuk mencari terobosan-terobosan baru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSKe 623.873 Sul a
Subjects: V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM773 Ship propulsion, Electric
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 14 Oct 2019 08:25
Last Modified: 14 Oct 2019 08:25
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71165

Actions (login required)

View Item View Item