Legibility Sebagai Penguat Image Kawasan Studi Kasus: Kawasan Pasar Besar Malang

Jordanre, Nadia Almira (2016) Legibility Sebagai Penguat Image Kawasan Studi Kasus: Kawasan Pasar Besar Malang. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3214203003-master-theses.pdf]
Preview
Text
3214203003-master-theses.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview
[thumbnail of 3214203003-paperpdf.pdf]
Preview
Text
3214203003-paperpdf.pdf - Published Version

Download (1MB) | Preview
[thumbnail of 3214203003-presentationpdf.pdf]
Preview
Text
3214203003-presentationpdf.pdf - Published Version

Download (4MB) | Preview

Abstract

Kawasan Pasar Besar merupakan objek wisata belanja di kawasan kota lama
Malang yang telah ada sejak tahun 1930-an. Pasar Besar dulunya adalah pasar etnis
China yang kemudian berkembang menjadi pusat perbelanjaan Kota Malang yang
berada di kawasan komersial pecinan. Perkembangan kawasan mempengaruhi
perubahan fisik yang membuat kawasan tidak bisa menunjukkan image yang dapat
langsung dikenali pengunjung.
Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan konsep elemen pendukung
legibility yang dapat menguatkan image kawasan sesuai dengan karakter aktivitas
dan penggunanya, dengan mempertahankan sejarah kawasan komersial pecinan dan
memunculkan karakter lokal Kota Malang
Penelitian ini dilakukan dengan mendeskripsikan fakta-fakta kondisi fisik
dan non-fisik kawasan pasar besar yang didukung dengan persepsi pengguna. Teknik
analisis yang digunakan adalah teknik legibility analysis dilakukan untuk mengetahui
elemen pembentuk citra di dalam kawasan, behaviour observation dilakukan untuk
melihat kecenderungan perilaku pengguna terhadap ruang dan walkthroughanalysis
dilakukan untuk melihat kondisi elemen fisik internal jalur dan node. Selanjutnya,
metode sinopsis digunakan untuk menghasilkan alternatif solusi yang kemudian
disusun dalam konsep kawasan sebagai wisata belanja Kota Malang dengan unsur
sejarah dan budaya. Hasil penelitian adalah konsep elemen path dan node kawasan
wisata belanja dengan karakter pecinan di Kota Malang. Tiga tipe paths dan dua
konsep nodes kawasan memiliki karakter sesuai dengan jenis aktivitas komersial di
dalamnya, yaitu path ramah pedestrian untuk pasar tradisional, path pertokoan
modern dan path multifungsi, sedangkan node kawasan dibedakan menjadi node
akses kawasan komersial dan node pusat interaksi dan aktivitas. Peningkatan wujud
fisik elemen path dan node dilakukan untuk mendukung aktivitas, memberikan
informasitujuan wisata komersial dan menampilkan karakter asli kawasan sebagai
kawasan pecinan.
=======================================================
Pasar besar is the shopping tourism center in Malang City that has exists
since the 1930s. It was formerly the Chinese market, which developed into a
shopping center of Malang located in Chinatown commercial area. The development
affecting physical changes that make the area cannot present its recognizable image
for visitors.
This research aims to get the concept of legibility supporting elements that
strengthen the image of Pasar Besar area based on the character of its activities and
users, by maintaining the history of Chinatown commercial district and show off
local character Malang.
This research was carried out by describing the facts of the physical and
non-physical condition of Pasar besar area that is supported by the user's perception.
The analysis technique used are legibility analysis carried out to determine the
constituent elements of the image of the area, behavior observation made to see the
trend of user behavior over space and walkthrough analysis done to see the condition
of the physical elements of internal pathways and nodes. Furthermore, the synoptic
method used to produce the alternative solution that then compiled in Malang
shopping district concept with history and culture elements. The reserach product is
the concept of path and node of shopping tourism area with hte chinatown character
in Malang City. The three types of path and two types of node have each specific
character based on its commercial activity, which are the traditional market path,
pedestrian friendly path and multifunctional path. On the other hand, the types of
node are the intersection node as the border of the area and a node as the interaction
and activity center. The improvement of physical form of path and node is intended
to support the commercial activity, inform the tourism feature, and present the
indigenous character of Chinatown are in Malang.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTKe 711.57 Jor l
Uncontrolled Keywords: image, kawasan, legibility, pecinan
Subjects: T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering
T Technology > TD Environmental technology. Sanitary engineering > TD194.6 Environmental impact analysis
Divisions: Faculty of Architecture, Design, and Planning > Architecture > 23101-(S2) Master Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 16 Oct 2019 02:51
Last Modified: 16 Oct 2019 02:51
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71205

Actions (login required)

View Item View Item