Sari, Cyntia Pratama Preselia (2016) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Sitasi Dan Indeks H Publikasi Dosen Its Di Google Scholar Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Sitasi Dan Indeks H Publikasi Dosen Its Di Google Scholar. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
1314105043-undergraduate-theses.pdf - Published Version Download (2MB) | Preview |
Abstract
Publikasi adalah tugas utama seorang dosen untuk melaksanakan salah
satu poin Tri Dharma Perguruan Tinggi yaitu tentang penelitian dan
pengembangan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui faktor-faktor
yang memengaruhi jumlah sitasi dan indeks h di google scholar. Ada
tiga metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu regresi linier
berganda, regresi dengan model rekursif, serta analisis cluster. Regresi
linier berganda digunakan untuk memodelkan tahun 2013,2014, dan
2015 dengan data jumlah sitasi sebagai respon. Regresi dengan model
rekursif digunakan untuk memodelkan secara total dengan respon yang
digunakan adalah jumlah sitasi dan indeks h. Analisis cluster digunakan
untuk mengelompokkan dosen ITS berdasarkan pencapaian publikasi di
google scholar. Sumber data sekunder berasal dari bidang kepegawaian
ITS mengenai data dosen ITS dan data primer tentang pencapaian
publikasi dosen ITS di google scholar. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa faktor yang memengaruhi jumlah sitasi setiap tahun adalah
pendidikan terakhir, tempat pendidikan terakhir, dan jumlah dokumen
dalam Bhs. Inggris. Sebagai tambahan, hasil pemodelan pada masingmasing
jurusan bahwa jumlah dokumen dalam Bhs.Inggris adalah faktor
yang paling berpengaruh pada hampir seluruh jurusan. Hasil model
rekursif menunjukkan bahwa faktor yang memengaruhi jumlah sitasi
adalah tempat pendidikan terakhir dan jumlah dokumen dalam Bhs.
Inggris. Faktor yang memengaruhi indeks h adalah jumlah sitasi,
pendidikan terakhir, tempat pendidikan terakhir, jumlah dokumen
Bahasa Indondesia maupun Bahasa Inggris.
=========================================================
Publication is the main obligation of lecture to carry out one of the
points of Tri Dharma University, namely research and development.
This research is conducted to determine the factors that affect the
number of citations and h index in Google Scholar. There are three
methods used to analyzed, that are multiple linear regression, regression
with recursive models, and cluster analysis. Multiple linear regression is
used to modelling each year that are 2013, 2014 and 2015 with the
number of citations as response. Regression with recursive model is
used to modelling cumulative with the number of citations and h index
as response. Cluster analysis is used to classify ITS lecturers based on
the publications in google scholar. The data in this research are primary
data and secondary data. Primary data from each account ITS’S lectures
and secondary data from ITS about lecture’s employment data. The
results showed that the factors that affect the number of citations each
year are education, place of education, and the number of documents
written in English. The modeling results in each department that the
number of documents written in English is the most affect factor in
almost all departments. Recursive model showed that the factors that
affect the number of citations are place of education and the number of
documents written in English. The factors that affect h index are the
number of citations, education, place of education, the number of
documents written in Indonesian or English.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSSt 519.535 4 Sar a |
Uncontrolled Keywords: | Jumlah Sitasi, Indeks h, Regresi Linier Berganda, Model Rekursif. |
Subjects: | H Social Sciences > HA Statistics > HA31.35 Analysis of variance |
Divisions: | Faculty of Mathematics and Science > Statistics > 49201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | EKO BUDI RAHARJO |
Date Deposited: | 24 Oct 2019 06:22 |
Last Modified: | 24 Oct 2019 06:22 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71391 |
Actions (login required)
View Item |