Perkiraan fatigue life pada konstruksi pintu dock : studi kasus pada galangan PT. Dak Bangka Belitung

Aulia, Muhammad (2015) Perkiraan fatigue life pada konstruksi pintu dock : studi kasus pada galangan PT. Dak Bangka Belitung. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 4111100091-Undergraduate_Thesis.pdf]
Preview
Text
4111100091-Undergraduate_Thesis.pdf

Download (7MB) | Preview

Abstract

Selama masa operasinya, pintu dok mengalami beban siklis yang disebabkan oleh
perubahan pasang surut air laut dan muatan ballast. Perubahan beban ini beserta efek
korosi yang diakibatkan lingkungan laut berpotensi mengakibatkan kelelahan yang
berakhir dengan kegagalan struktur. Untuk terhindar dari kegagalan struktur yang
disebabkan oleh beban siklis tersebut, maka dilakukan perkiraan umur kelelahan dari pintu
dok. Perkiraan umur kelelahan diperlukan untuk mengetahui potensi kegagalan struktur
yang terjadi selama masa pengoperasian pintu dok. Berdasarkan pertimbangan tersebut,
maka dilakukan analisa kelelahan untuk memperkirakan umur kelelahan dengan pintu dok
pada graving dock milik PT. Dok Air Kantung Bangka Belitung sebagai objek penelitian.
Analisa kelelahan dilakukan berdasarkan regulasi Biro Klasifikasi Indonesia sebagai acuan
utama.
Berdasarkan regulasi BKI, maka analisa kelelahan dilakukan menggunakan
Palmgren-Miner Cumulative Damage Rule. Dari metode ini, perkiraan kelelahan
dilakukan melalui beberapa simulasi pembebanan yang diberikan selama masa
pengoperasian pintu dok. Untuk tiap simulasi, jumlah siklus kejadian dihitung berdasarkan
metode simplified rainflow counting method. Kemudian jumah siklus tersebut
dibandingkan terhadap jumlah siklus ketahanan yang diperoleh berdasarkan S-N diagram
melalui perhitungan renggang tegangan pada lokasi yang dianalisa. Hasil rentang tegangan
diperoleh berdasarkan pemodelan pintu dok pada software elemen hingga. Dari hasil
analisa yang diperoleh, maka umur kelelahan terkecil pada tiap simulasi pembebanan yang
diberikan berada pada rentang 947 hingga 324 tahun untuk umur desain 20 tahun. Hasil ini
menunjukkan bahwa beban siklis tidak memberikan pengaruh yang signifikan terhadap
umur kelelahan dari pintu dok. Di sisi lain faktor korosi memberikan efek yang signifikan
terhadap kekuatan pintu dok yang dibuktikan dengan pengecekan kekuatan untuk kondisi
tebal pelat dibawah 97.5 % pintu dok telah melewati batas teganagan minimum nominal
upper yield(REH) - nya.

=====================================================================================

During the lifetime, dock gate had experienced cyclic loads due to alteration
between tide and ballast tank. A changing load along with corrosion effect by sea
environment may results on fatigue which end up with fatigue failure. To avoid the fatigue
failure that caused by cyclic loads, fatigue life assesmenet of dock gate is required.
Fatigue life estimation is needed to obtain the potential failure during operation time.
Based on this consideration, fatigue analysis is doing to obtain lifetime of dock gate which
a dock gate of graving dock from PT. Dok Air Kantung Bangka Belitung as the object of
research. Fatigue analysis is based on BKI regulations as the main guideline.
According to BKI regulations, fatigue analysis is solved by Palmgren-Miner
Cumulative Damage Rule. From this method, fatigue assessment is determined through
several simulations which is given during lifetime. For each simulation, amount of cycles
is calculated by simplified rainflow counting method. The amount of cycles is compared to
endured cycles which obtained from S-N diagram through stress range calculations from
the considered locations. A stress result is obtained by dock gate’s model which builts on
finite element software. From results, fatigue lifetime for each simulation are stand among
947 and 324 years old for 20 years old design life that given. According to the results,
cyclic loads doesn’t give a significant effect to dock gate’s fatigue lifetime. Instead,
corrosion effect gives significant impact to dock gate’s strength which is proved by
strength checked below 97.5 % plate thickness shows that the dock gate has exceeds the
minimum upper yield (REH) limit.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSPe 620.112 6 Aul p
Uncontrolled Keywords: Pintu dok; umur kelelahan; korosi; pasang surut; simulasi pembebanan; beban hidrostatis
Subjects: T Technology > TC Hydraulic engineering. Ocean engineering > TC205 Harbors--Design and construction.
Divisions: Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: - Taufiq Rahmanu
Date Deposited: 04 Nov 2019 02:32
Last Modified: 04 Nov 2019 02:32
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71560

Actions (login required)

View Item View Item