Peranan Urban Farming Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Pada Real Estate Perumahan Di Surabaya

Ghana, Ayu Kemala (2014) Peranan Urban Farming Dalam Menarik Minat Beli Konsumen Pada Real Estate Perumahan Di Surabaya. Masters thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 3212208015-Master Thesis.pdf]
Preview
Text
3212208015-Master Thesis.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Properti ramah lingkungan (green property) yang diperluas sebagai kawasan hijau memiliki kecenderungan menjadi daya tarik bagi konsumen. Pengembang ditantang untuk memberikan unique selling point yang nyata dalam produk propertinya untuk menarik minat konsumen pada tren hijau ini. Pertanian kota (urban farming) memiliki potensi tidak hanya hijau tetapi juga produktif. Dengan konsep urban farming, konsumen tidak hanya mendapat manfaat hijaunya tetapi juga hunian yang terintegrasi dengan sarana refreshing dalam bentuk wisata pertanian. Peluang inilah yang dapat dijadikan bisnis pengembang sebagai diversifikasi dari konsep green property ditengah persaingan properti hunian. Sedangkan potensi bagi pengembang di Surabaya adalah belum ada perumahan yang mengusung konsep urban farming.
Penelitian ini mengidentifikasi ketertarikan konsumen terhadap konsep urban farming jika diterapkan pada real estate perumahan. Menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif dari hasil kuesioner, kemudian dianalisis menggunakan analisis Crosstab dan Chisquare. Setelah itu di deskripsikan bagaimana karakteristik responden yang tertarik dalam membeli rumah di perumahan yang menerapkan urban farming.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jika urban farming diterapkan pada real estate perumahan di Surabaya, dapat menarik minat beli konsumen. Potensial respondennya adalah keluarga muda dan konsumen dewasa untuk perumahan kelas menengah ke atas. Konsep urban farming yang paling banyak diinginkan berbentuk kebun buah.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: RTA 363.5 Gha p
Uncontrolled Keywords: urban farming, green marketing, green property, minat beli konsumen, Surabaya
Subjects: H Social Sciences > HT Communities. Classes. Races > HT133 City and Towns. Land use,urban
Divisions: Faculty of Civil Engineering and Planning > Architechture
Depositing User: ansi aflacha
Date Deposited: 07 Nov 2019 04:33
Last Modified: 07 Nov 2019 04:33
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71635

Actions (login required)

View Item View Item