Analisa Pengaruh Komposisi Elektroda Terhadap Mikrostruktur Dan Sifat Mekanik Pada Pengelasan Fcd600 Dengan Metode Smaw

Rizky, Fakhrozi Ahmad (2016) Analisa Pengaruh Komposisi Elektroda Terhadap Mikrostruktur Dan Sifat Mekanik Pada Pengelasan Fcd600 Dengan Metode Smaw. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.

[thumbnail of 2712100078-undergraduate-theses.pdf]
Preview
Text
2712100078-undergraduate-theses.pdf - Published Version

Download (2MB) | Preview

Abstract

Terdapat pada crack Exhaust manifold pada bagian siku pipa
dikarenakan adanya aliran turbulensi gas panas. Pengujian ini
bertujuan untuk memperbaiki crack yang terjadi dengan metode
pengelasan SMAW. Pengujian yang dilakukan adalah uji hardness,
uji metalografi baik dengan mikroskop optic ataupun scanning
electrone microscope (SEM). Nilai kekerasan pada material asli
yang sudah digunakan 20.000 jam sebesar 194.04 HB, sementara
pada material yang dilas dengan filler ENiFe-CI pada daerah Base
sebesar 196.92, HAZ sebesar 255.6 dan Weld sebesar 195.12.
Sedangkan material yang dilas dengan filler E309Mol-16 memiliki
nilai kekerasan pada Base sebesar 198.54, HAZ sebesar 250.56 dan
Weld sebesar 201.78. Hasil uji Metalografi pada Base fassa yang
terbentuk pearlit dan ferrit, sedangkan daerah base pada kedua
material yang dilas menunjukan fasa yang sama tetapi ada
peningkatan pada ukuran fasa pearlite. Sedangkan HAZ pada
kedua material sama-sama menunjukan adanya fasa baru yang
terbentuk berupa Widmanstatten yang terlihat dari hasil SEM dan
peningkatan luas area pearlite yang mengakibatkan adanya
peningkatan pada nilai kekerasan. Pada weld metal dengan ENiFe-
CI terlihat matriks berupa ferrit dengan grafit sedangkan pada
E309Mol-16 matriks berupa Austenit dengan nilai kekersan
keduanya masih berada pada kisaran material asli
=========================================================
A crack occure at the elbow pipe of Exhaust manifold due to
the turbulent flow of hot gas. To repairing the crack that occurring,
author use SMAW welding methods. Tests conducted in this
research is to test the hardness, metallographic test or scanning
electrone microscope (SEM). From the hardness test, hardness
value obtained on the original material that has been used 20,000
hours of HB 194.04, while the material is welded with filler ENiFe-
CI in the Base area of 196.92, amounting to 255.6 and Weld HAZ
of 195.12. While the material is welded with filler E309Mol-16 has
a hardness value at the Base of 198.54, 250.56 and HAZ of Weld
at 201.78. Metallographic test results, Base Fassa area formed
pearlite and ferrite, while areas on the second base material being
welded still show the same phase, but there is an increase in the
size of the pearlite phase. As for the HAZ in both are showed a new
phase that occur as Widmanstatten as shown in SEM result and an
increase in the size of pearlite that cause increasing in the hardness
value. HAZ that weld with EniFe-CI shown ferrite matriks with
graffit and E309Mol-16 shown Austenite matriks the hardness
value of both filler are still in range of original material’s
hardness.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: RSMt 671.521 2 Riz a
Uncontrolled Keywords: Pengelasan, SMAW, Exhaust Manifold, FCD 600
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) > TA492.W4 Welded joints
Divisions: Faculty of Industrial Technology > Material & Metallurgical Engineering > 28201-(S1) Undergraduate Thesis
Depositing User: EKO BUDI RAHARJO
Date Deposited: 11 Nov 2019 01:57
Last Modified: 11 Nov 2019 01:57
URI: http://repository.its.ac.id/id/eprint/71668

Actions (login required)

View Item View Item