Hidayat, Affan (2016) Kajian Eksperimental Dan Numeris Hambatan Kapal Crew Boat `Orela` Dengan Dan Tanpa Menggunakan Foil Belakang. Undergraduate thesis, Institut Teknologi Sepuluh Nopember.
Preview |
Text
4112100036-paperpdf.pdf - Accepted Version Download (1MB) | Preview |
Preview |
Text
4112100036-undergraduate theses.pdf - Accepted Version Download (5MB) | Preview |
Preview |
Text
4112100036-presentationpdf.pdf - Presentation Download (2MB) | Preview |
Abstract
Operasional dari kapal crew boat banyak digunakan sebagai keperluan logistik di
daerah lepas pantai. Dengan mempertimbangkan kecepatan, waktu tempuh, dan bahan
bakar kapal crew boat untuk dapat mengantar atau menjemput pekerja lepas pantai, dan
keperluan logistik lainnya, maka penambahan foil belakang pada kapal crew boat dapat
menjadi alternatif dalam meningkatkan performa kapal. Tujuan dari pemasangan foil
belakang adalah memperkecil luas permukaan kapal yang tercelup di dalam air akibat
adanya gaya angkat foil ketika kecepatan ditambahkan sehingga dapat memperkecil
hambatan kapal. Untuk mendapatkan tipe foil belakang yang optimum, maka dilakukan
variasi aspek rasio dan sudut serang dari variasi tipe NACA. Dari simulasi kekentalan
murni mendapatkan tipe NACA untuk foil belakang adalah NACA 64A212 aspek rasio
6,67 dan sudut serang 20 dengan lift force/drag force tertinggi yaitu 29,67; dan untuk strut
adalah NACA 0010 dengan drag coefisien yang paling minimum yaitu 0,0091. Dari
pengujian hambatan di towing tank (eksperimen) dan simulasi free surface (numerik)
menggunakan aplikasi CFD (Computational Fluid Dynamics) didapatkan nilai hambatan
total kapal. Pengaruh penambahan foil belakang pada Kapal Orela adalah pada froude
number 0.36 (kecepatan 14 knots) dapat menambah hambatan total kapal sebesar 14,5%
(eksperimen) dan 16,1% (numerik); hambatan terus berkurang dengan bertambahnya
kecepatan kapal; dan pada froude number 0.57 (kecepatan 22 knots) dapat mengurangi
hambatan total yaitu sebesar 5.2% (eksperimen), dan 8.4% (numerik); serta pada froude
number 0.62 (kecepatan 24 knots) yaitu sebesar 3.3% (eksperimen), dan 7.1% (numerik).
Kemudian pada kecepatan dinas kapal yaitu pada kecepatan 28 knots (froude number 0,73)
pengurangan hambatan semakin besar yaitu 10% (numerik). ========== Crew boat is operationally often used as offshore logistic purposes. In considering of
speed, travel time, fuel needed to deliver or pick up offshore workers, and other logistic
utilities, installation of stern foil on crew boat can be an alternative to improve ship’s
performance. The purpose of the stern foil installation is to reduce ship’s surface area that
submerged in the water due to the lifting force of the foil when the speed is increased so
that the constraints of the ship can be minimized. Then varying the aspect ratio and angle
of attack from NACA type variety in order to obtain an optimum stern foil type. Full
viscous simulation resulting in NACA stern foil type, it is NACA 64A212 at 6.67 aspect
ratio and at 20 angle of attack with an optimum lift force / drag force of 29.67; and for the
strut is NACA 0010 with minimum drag coefficient of 0.0091. The total resistance of ship
is obtainable from resistance test in towing tank (experiment) and free surface simulation
(numeric) using CFD (Computational Fluid Dynamics). The effect of stern foil installation
on ship is at froude number 0,36 (speed 14 knots) can increase total resistance of ship at
14.5% (experiment) and 16.1% (numeric); resistance is continue to decreasing due to
increased speed; and at froude number 0.57 (speed of 22 knots) can reduce the total
resistance equal to 5.2% (experiment), and 8.4% (numeric); and at froude number 0.62
(speed of 24 knots) is equal to 3.3% (experiment), and 7.1% (numeric). Then at ship’s
service speed which is 28 knots (froude number 0,73), the resistance reduction is 10%
(numeric).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | RSPe 623.812 Hid k 3100017068728 |
Uncontrolled Keywords: | Crew Boat, CFD (Computational Fluid Dynamics), eksperimental, foil belakang, hambatan total, Crew boat, CFD (Computational Fluid Dynamics), experiment, stern foil (hull vane), total resistance |
Subjects: | V Naval Science > VM Naval architecture. Shipbuilding. Marine engineering > VM161 Ships--Hydrodynamics |
Divisions: | Faculty of Marine Technology (MARTECH) > Naval Architecture and Shipbuilding Engineering > 36201-(S1) Undergraduate Thesis |
Depositing User: | - Davi Wah |
Date Deposited: | 19 Nov 2019 07:52 |
Last Modified: | 19 Nov 2019 08:29 |
URI: | http://repository.its.ac.id/id/eprint/71775 |
Actions (login required)
View Item |